5 Cara Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia SD, Panduan untuk Orang Tua dan Pendidik

5 Cara Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia SD, Panduan untuk Orang Tua dan Pendidik

Cara menanamkan pendidikan karakter pada anak usia SD.-Tangkapan layar Instagram@dinimahmilujaya-

Pendidikan karakter pada usia sekolah dasar dapat melatih hubungan sosial yang baik, seperti menghargai perbedaan, mampu bekerja sama, dan menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan.

Cara menanamkan pendidikan karakter pada usia sekolah dasar:

1. Teladan

Guru dan orang tua harus menjadi teladan yang baik dalam perilaku dan sikap yang ingin ditanamkan pada anak-anak.

2. Pembelajaran Berbasis Kisah dan Contoh Nyata

Bagi umat Islam, misalnya, menggunakan kisah para nabi, sahabat atau figur bijaksana yang ada di kehidupan nyata, tentu sangat baik untuk menggambarkan konsep akhlak dalam kehidupan yang akan dijalani oleh anak-anak.

3. Memasukkan ke dalam Kurikulum

Memasukkan pendidikan karakter ke dalam kurikulum dan kegiatan di sekolah, menjadi langkah strategis dalam memberikan panduan diskusi, permainan, dan latihan yang melibatkan nilai-nilai positif.

BACA JUGA: Kisah Lucu Sistem Zonasi PPDB di Kota Tasikmalaya, Panitia Keceplosan Sebut Angka Rp 15 Juta

4. Kegiatan Ekstrakurikuler

Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong perkembangan karakter anak, seperti kegiatan kewirausahaan, kegiatan sosial, atau kegiatan olahraga yang mendorong sportivitas.

5. Bekerja Sama dengan Orang Tua

Bekerja sama dengan orang tua dalam menanamkan pendidikan karakter di rumah, melalui pemberian tugas atau kegiatan keluarga yang bisa mendorong anak-anak berperilaku baik.

Pendidikan karakter pada usia sekolah dasar merupakan tabungan yang berharga dalam membentuk anak-anak menjadi generasi yang berkualitas. 

Dengan menanamkan nilai-nilai karakter yang baik pada usia ini, kita membantu mereka mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: