Siap-siap Tiap Kota dan Kabupaten di Jabar Gelar Operasi Pasar, Imbas Kenaikan Harga BBM

Siap-siap Tiap Kota dan Kabupaten di Jabar Gelar Operasi Pasar, Imbas Kenaikan Harga BBM

Kadisperindag Jawa Barat, Iendra Sofyan.-Foto: Sandi Nugraha-Jabar Ekspres

BANDUNG, RADARTASIK.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyusun rencana pemberian batuan kepada masyarakat melalui operasi pasar murah.

Rencana Disperindag tersebut seiring kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) khusus bersubsidi, serta terjadinya peningkatan inflasi yang signifikan.

Imbas kenaikan harga BBM ini salah satunya ikut naiknya harga bahan pokok yang sukar dijangkau masyarakat.

"Jadi, dalam rangka pengendalian inflasi pasca-harga BBM naik. Kita sebetulnya sudah menekankan kabupaten-kota untuk bergerak mengendalikan, mengawasi, dan jika diperlukan dilakukan penanganan oleh provinsi (operasi pasar)," ucap Kadisperindag Jabar, Iendra Sofyan saat dikonfirmasi, Jumat, 9 September 2022 dikutip dari radarjabar.

BACA JUGA:Jumat Berkah, Petugas Kebersihan dapat Nasi Kotak dari Satlantas Polres Banjar

BACA JUGA:Jelang Persib vs Arema FC, Luis Milla Senang, Performa Anak Asuhnya Terus Membaik, Ini Komentarnya…

Iendra juga mengatakan bahwa kabupaten-kota serta provinsi agar memanfaatkan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat dalam mengendalikan keadaan ini.

"Kita harus memanfaatkan anggaran yang dua persen dari DAU. Jadi, kita lagi fokus ke situ dan terutama mendorong teman-teman kabupaten-kota untuk menjalankan program-program itu," ungkapnya.

Sehingga dalam melaksanakan operasi pasar, ia akan melihat terlebih dahulu situasi yang ada di kabupaten-kota di Jawa Barat.

"Kita masih terus melihat situasi dan kondisi seiring dengan pembahasan APBD perubahan tahun 2022. Jadi, kita harus lihat dulu nilainya berapa (untuk melakukan operasi pasar). Tetapi, seperti yang diarahkan, kabupaten-kota untuk bersama-sama melakukan suatu pengawasan dan melakukan suatu keamanan," pungkasnya.

BACA JUGA:Komika Bintang Emon Lontarkan Sindir Menohok: Hukuman untuk Koruptor Dicepatin, Giliran Birokrasi Dilamain

BACA JUGA:Binda Jabar Sediakan 3.505 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Warga Mangunjaya

Diketahui, Pemerintah telah menetapkan kebijakan menaikan harga Bahan Bakar Minyak.  Hal tersebut sontak mendapat banyak perhatian dari berbagai kalangan di masyarakat.

Respons kenaikan BBM ini juga yang menjadi pemicu dari gelombang massa yang melakukan unjuk rasa dan terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarjabar.disway.id