Pameran Gratis, Kodim 0612 Tasikmalaya Dorong Kebangkitan UMKM

Pameran Gratis, Kodim 0612 Tasikmalaya Dorong Kebangkitan UMKM

Suasana pameran UMKM di halaman Makodim 0612 Tasikmalaya, Jumat 07 April 2023 siang. -Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Gerakan mengantisipasi kelangkaan sembilan bahan pokok (sembako), Kodim 0612 Tasikmalaya dorong kebangkitan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) pasca pandemi. 

Sejak kemarin Kamis, 06 April 2023, halaman Makodim 0612 Tasikmalaya disulap menjadi lokasi Operasi Pasar Murah (OPM) dan pameran UMKM.

OPM sendiri dilaksanakan sehari kemarin Kamis, sedangkan pameran UMKM atau pasar UMKM dilaksanakan hingga hari Minggu 09 April 2023.

"OPM kemarin, tujuannya untuk membantu masyarakat mengurangi kelangkaan pangan terutama kebutuhan sembako seperti beras dan lainnya," ujar Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, Jumat 07 April 2023.

BACA JUGA:2 Jalur Alternatif di Tasikmalaya Minim Penerangan, Hati-hati Mudik Lebaran 2023 saat Perjalanan Malam

Menurut dia, alasan digelar OPM karena menjelang Idul Fitri harga bahan pokok naik. Salah satu upaya sebagai satuan komando kewilayahan yang membantu pemerintah dan membantu masyarakat, Kodim 0612 Tasikmalaya mengadakan OPM. 

"Kita kerja sama dengan Bulog menyiapkan beberapa item dijual di bawah harga pasar. Termasuk kita siapkan juga kebutuhan sekunder," terangnya.

Kodim 0612 Tasikmalaya juga bekerjasama dengan Plaza Asia dan pelaku UMKM. Khususnya UMKM, setelah pandemi Covid-19 banyak di antaranya yang runtuh.

"Jadi kita membantu mereka untuk membangkit menyediakan fasilitas tempat agar UMKM bisa berjualan di sini. Setidaknya bisa membangkitkan lagi UMKM di wilayah kita," terangnya.

BACA JUGA:Jumlah Pemudik Melintasi Jalur Gentong Bakal Meningkat, Polisi telah Susun Skema  

Tak hanya itu, tambah dia, Bank Indonesia (BI) juga dilibatkan karena gerakan ini untuk menurunkan angka inflasi. 

"Untuk sembako hanya sehari saja. Untuk UMKM 3 hari. Semoga ini membantu mereka untuk bangkit ya," tambahnya.

Dalam pameran UMKM ini, mereka berjualan dan tidak dipungut biaya. "Kami ini kan punya rakyat. Jadi silakan jualan di sini. Insya Allah aman," jelasnya.

Hingga kini, sebanyak 22 UMKM sudah ikut pameran dan jumlahnya akan terus bertambah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: