Rekrutmen CASN 2024: Kemenag 110.553 Formasi, Kemenkes 40.541 Formasi, Kemendikbud 23.200 Formasi

Rekrutmen CASN 2024: Kemenag 110.553 Formasi, Kemenkes 40.541 Formasi, Kemendikbud 23.200 Formasi

Kementerian PANRB menyetujui jumlah formasi rekrutmen CASN 2024 untuk Kementerian Agama.-Kementerian PANRB-

Kuota rekrutmen CASN 2024 terbesar kedua didapatkan Kemenkes. Kementerian yang dipimpin Budi Gunadi Sadikin ini mendapatkan 40.541 formasi dengan rincian 20.772 CPNS dan 89.781 CPPPK.

Anas menjelaskan sektor kesehatan menjadi atensi luar biasa dari Presiden Joko Widodo. Karena itu, usulan ASN 2024 dari Kemenkes sebanyak 23.200 disetujui 100 persen.

BACA JUGA: Mobil Dinas Dilarang Dipakai Mudik, ASN Pemkot Tasikmalaya Diminta Patuhi Aturan Libur Lebaran

”Kami kemarin petang bertemu Pak Menkes Budi Gunadi Sadikin untuk penyerahan formasi tersebut. Kementerian PANRB mendukung penuh upaya Kemenkes dalam upaya pemenuhan dan pemerataan SDM kesehatan di Tanah Air,” katanya.

Kemendikbudristek mendapatkan kuota rekrutmen CASN 2024 sebanyak 23.200 formasi dengan rincian 8.607 CPNS dan 14.593 CPPPK.

Terkait kuota rekrutmen CPNS dan CPPPK di Kemendikbudristek, Anas mengatakan ada beberapa poin penting yang menjadi titik tekan.

Pertama, formasi ini menjadi bagian dari upaya penuntasan tenaga non ASN atau tenaga honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek dan formasi dalam skema luas di dunia pendidikan yang juga tersebar di pemda.

BACA JUGA: Hati-Hati Jalur Mudik Alternatif Garut-Tasikmalaya Rawan Bencana Longsor, Polisi Siagakan Alat Berat

Poin kedua adalah pemenuhan kebutuhan SDM di lingkungan perguruan tinggi termasuk dosen. Selama beberapa tahun terakhir, alokasi formasi untuk dosen perguruan tinggi negeri sangat terbatas. Padahal jumlah mahasiswa terus meningkat.

Tahun ini sesuai arahan presiden bahwa formasi dosen diharapkan bisa optimal. “Sudah kami diskusikan detail dengan Pak Nadiem Makarim, termasuk kami memberi saran soal beberapa teknis seleksi agar bisa menyerap jumlah formasi dosen secara optimal,” ujar dia.

Poin Ketiga, menurut mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ini, pemenuhan formasi untuk penempatan di IKN (Ibu Kota Nusantara).

Anas menambahkan arah kebijakan pengadaan CASN tahun 2024 adalah fokus pada pelayanan dasar yaitu guru, tenaga kesehatan dan menyelesaikan permasalahan tenaga honorer di instansi pemerintah.

BACA JUGA: TPS Liar Kembali Mewabah di Kota Tasikmalaya, Kok Bisa?

Selanjutnya, arah kebijakan dengan merekrut talenta-talenta baru (fresh graduate) melalui seleksi CPNS. Terakhir, mengurangi sedapat mungkin rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Jumlah Formasi CASN 2024 Kemenag

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: