Yakinlah! Allah Pasti Mengganti Kurban Anda

Yakinlah! Allah Pasti Mengganti Kurban Anda

Yakinlah! Allah pasti mengganti kurban Anda-Ilustrasi-

BACA JUGA: 10 Kuliner Mie Bakso di Tasik Dulunya Kaki Lima Sekarang ‘Bintang Lima’

”Bagi mereka yang jarang makan daging, mereka akan merasa bahagia mendapatkan bagian dari daging kurban. Jadi dalam kurban itu ada unsur membahagiakan orang lain sebagai bentuk kepedulian sosial,” tambahnya.

Tapi Allah tidak perlu dagingnya, darahnya dan sebagainya dari hewan kurban. Allah hanya akan menerima niat taqarrub-nya itu.

Allah hanya akan menerima ketakwaannya sebagaimana firman-Nya dalam Alquran Surat Al-Hajj ayat 37, ”Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah. Tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu.”

Lebih lanjut, KH Achef menjelaskan harta yang dikeluarkan untuk kurban itu tidak sedikit, bahkan melebihi sedekah biasa. ”Sedekah yang biasa saja pasti akan diganti oleh Allah dengan sekian kali lipat, apalagi kurban,” tandasnya.

BACA JUGA: ENAKNYA! Bayar Pajak Motor di Samsat on Call, Lokasi Sesuai Permintaan

Beliau juga mengingatkan kisah keteladanan Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as sebagaimana termaktub dalam Alquran Surat Ash-Shafat ayat 102 – 111. Saking yakinnya kepada Allah Swt, mereka rela berkorban demi melaksanakan perintah Allah Swt. ”Dan Allah Swt benar-benar mengganti pengorbanan mereka itu,” tegasnya.

”Maka, jangan ada orang yang merasa bahwa kami akan fakir, kami akan miskin kalau kami berkurban,” tambahnya.

Beliau juga mengingatkan bahwa para penerima manfaat kurban pasti berdo’a kepada Allah untuk kebaikan orang-orang yang berkurban.

Secara retoris, beliau bertanya, ”Tahukah do’a yang diucapkan oleh orang yang menerima daging kurban? Apakah hatinya tidak berbicara? Apakah do’a mereka harus terdengar ketika mereka mendo’akan Anda yang berkurban? Inilah unsur imaterial dari ibadah kurban. Banyak orang yang belum melirik sampai ke situ,” tegasnya.

BACA JUGA: Dibandrol Rp291 Jutaan CB650R Big Bike Makin Modern, Bikin Pengendara Tampil Gagah dan Macho

Karena itu, kurban hanya akan dilakukan oleh mereka yang yakin bahwa akhirat itu ada. ”Seseorang yang tidak meyakini keberadaan akhirat, dia tidak akan mau repot-repot mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk berkurban. Maka, yakinlah bahwa Allah pasti mengganti kurban Anda,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: