Bank Sampah Sobat Penyamar Pilah Sampah Agar Bermanfaat, Ku Bank Sampah Mah, Milihan Runtah Jadi Barokah

Bank Sampah Sobat Penyamar Pilah Sampah Agar Bermanfaat, Ku Bank Sampah Mah, Milihan Runtah Jadi Barokah

Salah satu program Bank Sampah Sobat Penyamar.-Foto:istimewa-

BACA JUGA:Mau INSENTIF Kartu Prakerja Cair? Yuk Lakukan Ini!

"Nah hari ini tinggal satu bulan lagi nasabah akan mencarikan tabungannya," kata Ade.

Bank Sampah Sobat Penyamar  setiap bulannya mengumpulkan sampah 3-4 kwintal sampah non-organik, sedangkan untuk organik baru 30-50 kilogram saja.

"Kalau untuk sampah residu yang dibuang ke TPA belum saya hitung, tapi intinya saat ini lebih sedikit sampah yang dibuang ke TPA," katanya.

Untuk inovasi sendiri, Bank Sampah Sobat Penyamar sudah melakukan beberapa inovasi yakni pembuatan kuris berbahan sampah dari botol bekas air minral, selama ini sudah sati set kita jual dengan Rp 600 ribu.

BACA JUGA:SDN 1 Cilangkap Tasikmalaya Makin BERPRESTASI, Unggul Dalam Berbagai Bidang Akademik dan Non-Akademik

Beternak magot untuk memanfaatkan sampah organik. "Bahkan kami juga pernah mengadakan program tukar minyak goreng dengan sampah, itu sudah kita laksanakan saat harga minyak mahal," katanya.

Ke depannya kata Ade, pihaknya akan terus berinovasi, salah satunya adalah bisa tukar pulsa dengan sampah yang saat ini sedang disiapkan. 

"Inovasi itu akan terus kami lakukan agar sampah ini dari masyarlat bermanfaat untuk masyarkat," kata dia.

Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Enan Suherlan, Amd.,STh.I.,S.H.,M.M. menyampaikan rasa bangganya terhadap kiprah para pengelola bank sampah yang ada di masyarakat. Sehingga perlu ada apresiasi untuk para pengelola bank sampah.

BACA JUGA:Terkena Sanksi 2 Pertandingan, Mourinho Tunjukkan Dirinya Diborgol di Instagram

Salah satunya untuk memberi motivasi agar lebih baik lagi, dirinya sangat mendukung untuk diadakan penilaian Lomba Bank Sampah yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya.

"Melalui bank sampah ini bagaimana kita meminimalisir sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir. Juga memberikan edukasi sejak dari keluarga untuk bisa memilah sampah," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: