Kuku Mulut

Kuku Mulut

Warijan bisa beli rumah. Beli mobil. Beli tanah. Dan kini juga sudah memiliki dua ekor sapi. Dua-duanya baru saja beranak.

Ia sangat gelisah atas munculnya berita PMK. Ia sering menengok bayi sapinya.

Saya kenal baik Warijan. Sejak lama. Sejak ada konvensi apa dulu itu. Ia salah satu yang selalu mem-posting Disway di Facebook-nya. Ia bangga. Disway di Fb-nya dibaca puluhan ribu orang –kadang ratusan ribu.

"Dok, apa yang harus dilakukan peternak seperti Warijan?" tanya saya pada Indro.

"Jangan panik," katanya. "Virus PMK itu tidak mematikan sapi," tambahnya.

"Lho kan banyak sapi yang mati karena PMK?" tanya saya.

"Itu bukan karena PMK. Itu karena tidak bisa makan," tambahnya.

Virus Mulut Kuku memang menyerang mulut dan kuku sapi. Ia tidak bisa menular ke manusia. Akibatnya mulut sapi luka. Kuku sapi juga luka. Kalau sampai parah sapi tidak bisa makan. Itulah yang menyebabkan kematian.

Demikian juga ketika menyerang kuku. Luka di kuku membuat sapi tidak bisa berdiri. Sakit. Ndeprok. Akibatnya tidak bisa makan. Mati.

Karena itu, kata Indro, peternak harus dididik untuk mengatasi PMK. Dengan cara yang benar. Ia minta Disway mengajarkan protokol sapinya ini. Lewat tulisan ini.

Peternak harus diselamatkan. Jumlah peternak melebihi jumlah petani sawit.

Begitu melihat sapi kena PMK, kata Indro, peternak harus tahu bahwa sapinya tidak bisa makan. Kasihan. Carilah cara agar ada makanan yang tetap bisa masuk ke perut  sapi. Termasuk vitamin C, vitamin E dan vitamin D. Jemur sebentar di matahari.

Kalau benar-benar tidak bisa makan bikinkan bubur rumput. Masukkan lewat selang. Segala macam cara harus dicari. Agar makanan bisa masuk.

Pedagang sapi tahu cara memasukkan cairan ke perut sapi. Indro mengisahkan kebiasaan sebagian pedagang sapi menaikkan bobot sapi yang akan dijual: digelonggong. Sapi dipaksa minum air lima liter dengan cara menggelonggongkannya.

Cara itu bisa dipakai untuk memasukkan cairan bergizi ke perut sapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id