Soal Siapa Pengganti Mahfud MD, Ini Kata Presiden Jokowi, Kabinet Bekerja Seperti Biasa

Soal Siapa Pengganti Mahfud MD, Ini Kata Presiden Jokowi, Kabinet Bekerja Seperti Biasa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan kepada wartawan tentang pengunduran diri Mahfud MD sebagai Menko Polhukam di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Jumat, 2 Februari 2024. Foto: Setpres--

Setelah Mahfud MD mundur dari Menko Polhukam, kata Presiden Jokowi, para Menteri di Kabinet Indonesia Maju masih bekerja baik di Jakarta maupun di daerah.

“Kabinet biasa-biasa saja, enggak ada masalah. Yang kerja ya kerja, yang kunjungan ke daerah ya kunjungan ke daerah,” kata Presiden Jokowi.

“Saya pun juga sama, saya rapat di Jakarta, kadang diundang ke daerah, kadang ada undangan seperti pagi hari ini Kongres XVI GP Ansor,” papar Presiden Jokowi.

Terkait perbedaan politik di kalangan menteri, kata Presiden Jokowi, merupakan hal biasa di alam demokrasi.

“Biasa saja, bahwa ada perbedaan pilihan itu demokrasi, enggak perlu terlalu dibesar-besarkan,” kata Presiden Jokowi.

Mahfud MD Mundur

Pada Kamis 1 Februari 2024, Mahfud MD memberikan surat pengunduran diri sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Sementara itu saat menerima Mahfud MD, Presiden Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Istana Merdeka, Jakarta. 

“Saya menyampaikan surat tentang kelanjutan tugas saya sebagai Menko Polhukam. Saya menyampaikan intinya saya mengajukan permohonan untuk berhenti,” ujar Mahfud MD dalam keterangannya usai pertemuan.

Isi dalam surat pengunduran Mahfud MD itu, kata dia, mencakup tiga hal. 

Salah satunya, kata Mahfud yaitu ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah memberikan kepercayaan dan kehormatan untuk mengemban tugas sebagai Menko Polhukam. 

Dengan dasar tersebut, Mahfud MD pun menyerahkan surat pengunduran diri secara terhormat.

“Saya secara resmi dan dengan penuh hormat juga hari ini menyampaikan surat untuk menyatakan minta atau mohon berhenti dengan sebuah surat itu,” ungkap Mahfud MD.

Di dalam surat pengunduran diri Mahfud MD tersebut juga berisi permohonan pengunduran dirinya sebagai Menko Polhukam. 

Mahfud MD di dalam suratnya juga turut menyampaikan permohonan maaf kepada Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: