Hanjeli, Makanan Kaya Serat untuk Melancarkan Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Usus

Hanjeli, Makanan Kaya Serat untuk Melancarkan Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Usus

Hanjeli adalah salah satu makanan yang kaya serat. Istimewa-tangkapan layar ponsel--

Hanjeli, Makanan Kaya Serat untuk Melancarkan Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Usus

RADARTASIK.COM - Tubuh manusia membutuhkan asupan makanan serat. Karena serat adalah komponen penting dalam pencernaan dan kesehatan usus. 

Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan mendorong pergerakan makanan melalui usus dan mencegah sembelit. Ini juga membantu mencegah masalah usus seperti divertikulitis.

Selain itu, makanan berserat juga cenderung memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi asupan makanan secara berlebihan dan membantu dalam pengelolaan berat badan.

BACA JUGA:Warga Tasikmalaya Rayakan Hari Kemerdekaan ke-78 dengan Makan Liwet Bersama Sepanjang 700 Meter

Makanan berserat di Indonesia sangat banyak. Seperti roti gandum utuh, oatmeal, beras merah, quinoa, produk biji-bijian lainnya, sayuran, buah-buahan, susu dan kacang-kacangan. 

Salah satu makanan kaya serat yang jarang diketahui masyarakat adalah Jelai atau dikenal juga Hanjeli. 

Hanjeli adalah sejenis tanaman biji-bijian yang termasuk dalam keluarga rumput-rumputan (Poaceae). Tanaman jelai biasanya digunakan sebagai tanaman pangan, terutama di daerah-daerah yang memiliki iklim sejuk atau berbukit. 

Bijinya dapat diolah menjadi tepung dan digunakan untuk membuat berbagai produk seperti roti, sereal, dan lain-lain. Hanjeli juga dapat digunakan sebagai pakan ternak.

BACA JUGA:Adriano Galliani: Jika Tidak Punya Nesta, AC Milan Tak Akan Juara Liga Champions

Hanjeli memiliki beberapa manfaat potensial untuk kesehatan, terutama dalam bentuk biji dan produk olahannya. Beberapa manfaat jelai untuk kesehatan meliputi:

1. Sumber Serat.

Biji jelai kaya akan serat, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan, menjaga kesehatan usus, dan mengurangi risiko sembelit.

2. Sumber Energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: