Warga Tasikmalaya Rayakan Hari Kemerdekaan ke-78 dengan Makan Liwet Bersama Sepanjang 700 Meter

Warga Tasikmalaya Rayakan Hari Kemerdekaan ke-78 dengan Makan Liwet Bersama Sepanjang 700 Meter

Warga RW 14 Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya saat makan liwet bersama sepanjang 700 meter, Senin 14 Agustus 2023 malam. istimewa--

Warga Tasikmalaya Rayakan Hari Kemerdekaan ke-78 dengan Makan Liwet Bersama Sepanjang 700 Meter

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Liwet pada dasarnya adalah istilah dalam bahasa Jawa yang merujuk pada cara memasak nasi atau makanan dengan cara memasak dan menyajikan dalam satu wadah, sering kali menggunakan santan dan rempah-rempah. 

Dalam konteks yang lebih luas, liwet bisa merujuk pada jenis hidangan yang dimasak dengan cara tersebut, seperti nasi liwet yang terkenal di daerah Jawa Barat.

Nasi liwet adalah makanan tradisional Indonesia, terutama dari daerah Jawa Barat. Nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti daun salam, lengkuas, dan bawang merah. 

BACA JUGA:Godaan Baru! Bocoran Harga dan Spesifikasi Xiaomi Pad 6 Max Diumumkan

Biasanya Nasi Liwet disajikan dengan lauk lainnya seperti ayam, ikan asin, tempe, sambal, tahu, tempe, kerupuk dan lain sebagainya.

Nah, saat momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78, Nasi Liwet menjadi makanan primadona masyarakat yang disajikan untuk makan bersama.

Biasanya saat momen Hari Kemerdekaan, Nasi Liwet disantap bersama di tengah jalan. Nasi Liwet yang disajikan juga biasanya dibuat memanjang dan disantap ramai-ramai.

Seperti Senin 14 Agustus 2023 malam, ribuan warga dari Rukun Warga (RW) 14 di Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya melakukan makan liwet bersama di lingkungan mereka. 

BACA JUGA:Bupati Tasikmalaya Sampaikan Pesan Menyentuh Saat Resmikan Masjid Jami Nurulhuda

Kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78 dan juga untuk merayakan ulang tahun lingkungan setempat.

Ketua RW 14, Dede Suhada, mengungkapkan bahwa ngaliwet bersama ini dilakukan karena inisiatif dari para warga untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Kegiatan ini juga menjadi peringatan hari jadi ke-27 RW 14.

"Dengan penuh apresiasi, para warga ingin merayakan ngaliwet bersama dengan panjang mencapai 700 meter. Meskipun persiapan dilakukan dalam waktu yang singkat, kegiatan ini berjalan sukses," ungkapnya kepada wartawan, Selasa 15 Agustus 2023.

Para warga di RW 14 tersebut menikmati hidangan liwet bersama dengan menyiapkan beragam hidangan di sepanjang jalan gang di lingkungan mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: