Hari ini Kanal Panama Mulai Beroperasi di Masa Lalu

Hari ini Kanal Panama Mulai Beroperasi di Masa Lalu

Kanal Panama menghubungkan Kota Colon di pantai Karibia dengan Kota Balboa di pantai Pasifik. istimewa-tangkapan layar ponsel--

BACA JUGA:Resmi Gabung Persib, Mantan Kapten Persija Pernah Bawa Persija Juara Liga Indonesia, Ini Daftar Skuadnya

Pada tahun 1999, kendali penuh atas Kanal Panama diserahkan kepada Pemerintah Panama berdasarkan perjanjian Torrijos-Carter yang ditandatangani pada tahun 1977.

Kanal Panama ini adalah jalur air buatan yang membentang sepanjang 77 kilometer melintasi wilayah Panama, menghubungkan Samudra Atlantik di sebelah utara dengan Samudra Pasifik di sebelah selatan. 

Kanal Panama memiliki panjang sekitar 77 kilometer (48 mil). Lokasinya terletak di negara Panama menghubungkan Kota Colon di pantai Karibia dengan Kota Balboa di pantai Pasifik.

Fasilitas Kanal Panama terdiri dari serangkaian tanggul, pintu air, dan danau buatan yang membantu mengatur aliran air dan mengangkut kapal-kapal melalui perbedaan ketinggian antara dua samudra.

BACA JUGA:Rayakan HUT RI ke-78 Jangan Lupakan 4 Pemuda Penculik Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok

Kanal Panama memiliki peran penting dalam perdagangan global karena memungkinkan kapal-kapal untuk menghindari jalur perjalanan yang lebih panjang melalui Tanjung Horn di ujung selatan Amerika Selatan.

Pendapatan dari operasi Kanal Panama merupakan sumber pendapatan utama bagi pemerintah Panama dan berkontribusi pada perekonomian global.

Kanal Panama adalah prestasi teknik yang luar biasa dan menjadi salah satu titik penting dalam sejarah perdagangan dan transportasi dunia.

Kanal secara umum adalah saluran atau jalur yang digunakan untuk mengalirkan atau mentransmisikan sesuatu, seperti air, listrik, atau data. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: