Hari ini Kanal Panama Mulai Beroperasi di Masa Lalu

Hari ini Kanal Panama Mulai Beroperasi di Masa Lalu

Kanal Panama menghubungkan Kota Colon di pantai Karibia dengan Kota Balboa di pantai Pasifik. istimewa-tangkapan layar ponsel--

Hari ini Kanal Panama Mulai Beroperasi di Masa Lalu

RADARTASIK.COM - Kanal Panama hari ini di masa lalu, 15 Agustus 1914, mulai beroperasi sebagai pendukung sarana transportasi air.

Kanal Panama adalah jalur air buatan yang menghubungkan Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik melalui wilayah Panama. 

Kanal ini memungkinkan kapal-kapal untuk menghindari perjalanan yang lebih panjang melalui Tanjung Horn di ujung selatan Amerika Selatan. 

BACA JUGA:Cerita Inspiratif HUT RI ke-78: Soekarno-Hatta Diculik ke Rengasdengklok ‘Ditahan’ di Rumah Djiaw Kie Siong

Dibuka pada tahun 1914, Kanal Panama memiliki sistem pintu air dan mekanisme pengangkut kapal yang kompleks untuk mengatasi perbedaan ketinggian antara dua samudra tersebut.

Kanal Panama memiliki sejarah yang panjang dan bermula sejak masa penjelajahan oleh Spanyol pada abad ke-16. 

Pada abad ke-16, penjelajah Spanyol mulai mencari jalur yang lebih cepat untuk menghubungkan Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik, guna mempermudah perjalanan dan perdagangan. 

Mereka memulai penjelajahan di wilayah Panama dan membentuk koloni di sana.

BACA JUGA:HUT RI ke-78: Meriahkan Kemerdekan dengan Twibbon Keren Nasionalisme

Selama beberapa abad berikutnya, berbagai upaya dilakukan untuk membangun kanal di wilayah Panama, tetapi berbagai tantangan teknis dan penyakit seperti malaria menghambat usaha ini.

Pada akhir abad ke-19, Perancis di bawah pimpinan Ferdinand de Lesseps mencoba membangun kanal di Panama. Namun, proyek ini dihentikan akibat masalah teknis, keuangan, dan wabah penyakit yang merenggut banyak nyawa.

Setelah kemerdekaan Panama dari Kolombia pada tahun 1903, Amerika Serikat mendapatkan hak untuk membangun dan mengendalikan kanal di wilayah tersebut. 

Proyek ini dipimpin oleh insinyur John F. Stevens dan kemudian oleh George W. Goethals. Setelah mengatasi berbagai tantangan teknis dan kesehatan, Kanal Panama akhirnya selesai dan dibuka pada 15 Agustus 1914.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: