Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Garut Harus Dijadikan Sebagai Bahan Refleksi

Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Garut Harus Dijadikan Sebagai Bahan Refleksi

Suasana Upacara Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Alun-Alun Kabupaten Garut, Kamis 2 Mei 2024. agi sugiana / radar tasikmalaya--

GARUT, RADARTASIK.COM - Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Garut digelar di Lapangan Alun-alun yang dihadiri guru serta peserta didik dari sekolah-sekolah yang berada di wilayah perkotaan, Kamis 2 Mei 2024.

Momentum Hari Pendidikan Nasional ini harus menjadi bahan refleksi untuk pendidikan di Indonesia khususnya Kabupaten Garut. Hal ini disampaikan oleh peggiat literasi Kabupaten Garut, Dian Eldo Nugraha.

Ia menilai peringatan Hari Pendidikan Nasional ini bukan hanya sebagai kegiatan seremonial saja. Melainkan harus ada aksi nyata dalam perubahan pendidikan di Kabupaten Garut.

"Hari Pendidikan Nasional yang sering kita rayakan setiap tahunnya bukan hanya sebatas peringatan, namun juga momentum memperbaiki kondisi yang ada," paparnya.

BACA JUGA:Tuntas! Penggantian 9 Jembatan Sepanjang 2.116 Meter, Usia Jembatan di Atas 40 Tahun

Eldo menerangkan, saat ini masih banyak permasalahan yang belum tuntas seperti IPM (indeks pembangunan masyarakat) yang rendah, infrastruktur sekolah khususnya di wilayah Garut Selatan.

Selain itu juga permasalahan kekerasan terhadap anak dan juga kesejahteraan guru masih menjadi suatu hal yang perlu dibenahi.

"Tentu ini patut kita renungkan bukan hanya oleh pemerintah tapi juga seluruh lapisan masyarakat," terangnya.

Ia mengajak di momen Hari Pendidikan Nasional ini untuk bersama-sama melangkah lebih maju, pemerintah berkewajiban untuk menaikan IPM Kabupaten Garut. 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Spot Sunrise Terbaik di Bandung, Cocok Deh Buat Healing Biar Gak Pusing!

Serta, kata dia, mari membangun infrastruktur pendidikan yang merata tanpa terkecuali dan membuat kebijakan yang lebih ketat terhadap kekerasan yang terjadi di sekolah.

"Kemudian pemerintah harus berupaya untuk meningkatkan taraf hidup para guru honorer agar lebih sejahtera dan memanusiakan," tambahnya.

Jelas dia bagi masyarakat momen Hari Pendidikan Nasional ini harus dijadikan sebagai bentuk penyadaran bahwa pendidikan itu sangat penting bagi masa depan bangsa dan negara.

Masyarakat juga perlu menjamin pendidikan anak-anaknya agar bisa terus berlanjut. "Mari kita upayakan agar tingkat pendidikan anak-anak kita tidak lagi terputus ditengah jalan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: