Tajamkan! Agar Hewan Kurban Tidak Kesakitan

Tajamkan! Agar Hewan Kurban Tidak Kesakitan

Tajamkan alat sembelih agar hewan kurban tidak kesakitan.-Radartasik.com-

BACA JUGA: Abu Nawas Sableng! Nekad Menjual Baginda Raja

Ada salah satu hasil penelitian ilmiah yang menarik untuk diperhatikan.

Penelitian ini dilakukan oleh dua staf ahli peternakan dari Hannover University Jerman yaitu Prof Dr Schultz dan koleganya, Dr Hazim.

Penyembelihan dilakukan terhadap sapi dengan memotong ketiga saluran pada leher bagian depan menggunakan alat sembelih yang paling tajam.

Hasilnya sangat luar biasa. Sapi sembelihan mati hanya dalam waktu sekitar enam detik setelah ketiga saluran itu putus.

BACA JUGA: KH Lukman Hakim Ajarkan Santri Meraih Sukses dengan Kesabaran

Dari sensor yang dipasang pada permukaan otak kecil (Electro-Encephalograph/EEG) dan pada bagian jantung (Electro Cardiograph/ECG), disimpulkan ”No feeling of pain at all”.

Sapi yang disembelih tidak merasakan adanya rasa sakit sama sekali. Inilah yang dimaksud dengan ”menyenangkan sembelihannya” sebagaimana hadits di atas.

Kedua, tidak mengasah pisau di hadapan ataupun di sekitar hewan kurban yang akan disembelih.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah dari Abdullah bin Umar ra, dia berkata, ”Rasulullah saw memerintahkan untuk mengasah pisau tanpa memperlihatkannya kepada hewan.”

BACA JUGA: Wow 35 Menit Perjalanan Tasik-Jakarta, Maskapai CitiLink Siap Mengudara?

Juga dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dari Ibnu Abas ra, dia berkata, ”Rasulullah Saw berdiri mengamati seseorang yang meletakkan kakinya di pipi kambing sedangkan dia sedang mengasah pisaunya dan kambing melihat kepadanya dengan matanya. Maka Rasulullah Saw bersabda, ’Sembelihan ini tidak diterima. Apakah engkau benar-benar ingin membunuhnya?’ Dalam riwayat lain, ’Apakah engkau hendak membunuhnya dengan beberapa kematian?’”

Mengasah alat sembelih di hadapan atau di sekitar hewan yang akan disembelih bisa membuat hewan merasa ketakutan dan stres. Itulah yang menurut Rasulullah Saw ”hendak membunuhnya dengan beberapa kematian”.

Hal ini harus dihindari agar hewan kurban yang akan disembelih tidak merasa takut dan stres, sehingga dalam proses penyembelihannya pun bisa dilakukan dengan cepat dan hewan tidak kesakitan.

Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: