Petugas Pemeriksa Kesehatan DKPPP Kota Banjar Temukan Cacing Hati di Hewan Kurban

Petugas Pemeriksa Kesehatan DKPPP Kota Banjar Temukan Cacing Hati di Hewan Kurban

Petugas pemeriksa kesehatan hewan DKPPP Kota Banjar saat melakukan pemeriksaan hewan kurban, kemarin Senin 17 Juni 2024. istimewa--

BANJAR, RADARTASIK.COM - Sejumlah hewan kurban yang disembelih saat perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah di Kota Banjar, ternyata terdapat cacing hati tersebar di tiga lokasi berbeda.

Sejumlah hewan kurban yang terdapat cacing hati tersebut usai diperiksa oleh petugas pemeriksa kesehatan hewan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Banjar, kemarin Senin dan Selasa 17-18 Juni 2024. 

Kepala DKPPP Kota Banjar Yoyon Cuhyon melalui Kabid Peternakan Yadi Mulyadi mengatakan ada tiga hewan kurban jenis sapi yang terdapat cacing hati. 

"Tiga ekor sapi itu diperiksa Senin kemarin (17 Juni 2024) di tiga lokasi berbeda. Sementara Selasa 18 Juni 2024 Alhamdulillah tidak ada," katanya, kemarin.

BACA JUGA:Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, Dicky Candra dan Lainnya Kumpul di Mandalawangi, Sinyal Pendamping Viman?

Dia menerangkan, tiga ekor sapi yang terdapat cacing hati tersebut diwilayah Kecamatan Banjar, Purwaharja dan Langensari setelah dilakukan pemeriksaan post mortem.

Hal itu berdasarkan data pemeriksaan sementara yang sudah masuk tim petugas pemeriksa menemukan adanya cacing hati pada hewan kurban sapi. 

Petugas pun langsung menyarankan panitia kurban untuk memisahkan organ hati tersebut dari daging agar tidak terkontaminasi cacing hati. 

"Tujuan pemisahan itu supaya tidak tercampur dengan daging kurban yang akan dibagikan ke masyarakat," bebernya. 

BACA JUGA:Asal-Muasal Hardisk dan Perkembangan Teknologi Penyimpanan Data, Diawali dari Kartu Punch

Diakuinya, meski petugas mendapati cacing hati pada hewan kurban, akan tetapi untuk dagingnya masih tetap aman untuk dikonsumsi atau dimakan.

Sementara bagian hati hewan kurban yang terdapat cacing hati harus dipisahkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi nantinya. 

"Sebenarnya ini penyakit ringan dan bisa ditangani, jika mendapati adanya cacing hati pada hewan kurban jangan dikonsumsi hatinya," jelasnya.

Kalaupun terpaksa harus dikonsumsi, sebelumnya harus dibersihkan baik-baik dan dimasak sampai betul-betul cacing hati tidak ada alias mati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: