Bunda Wajib Tahu! Ciki Ngebul Sebabkan Kerusakan Organ

Bunda Wajib Tahu! Ciki Ngebul Sebabkan Kerusakan Organ

Satu orang siswa SDN 2 Ciawang Tasik masih mendapatkan perawatan di IGD RSUD SMC, Senin 15 November 2022. Siswa tersebut keracunan diduga dari jajanan cikbul. -ujang nandar-radartasik.disway.id

BACA JUGA: Buah-Buahan dan Sayur Pereda Nyeri Saat Si Kecil Tumbuh Gigi

Selain itu, edukasi harus diberikan kepada sekolah-sekolah, anak-anak dan masyarakat terhadap bahaya nitrogen cair pada pangan siap saji.

Di Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) selain restoran, seperti gerai pangan jajanan keliling untuk saat ini tidak direkomendasikan menggunakan nitrogen cair pada produk pangan siap saji.

Maxi pun menyebutkan telah meminta rumah sakit untuk berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat dan melaporkan apabila terjadi KLB keracunan pangan yang disebabkan oleh nitrogen cair.

Nantinya, temuan tersebut akan diinvestigasi oleh Tim Gerak Cepat (TGC) sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 tahun 2013 tentang Kejadian Luar Biasa (KLB) Keracunan Pangan.

BACA JUGA: 5 Macam Lemak untuk Makanan Pendamping ASI Bagi Si Kecil

Sebelumnya, dilaporkan puluhan anak sekolah dasar di beberapa daerah mengalami keracunan usai menyantap ciki ngebul warna warni.

Pada Bulan Juli 2022 terjadi 1 kasus pada anak yang mengonsumsi ice smoke di Desa Ngasinan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo yang menyebabkan terjadinya luka bakar.

Pada tanggal 19 November 2022, UPTD Puskesmas Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya melaporkan telah terjadi KLB keracunan pangan dengan jumlah kasus 23 orang.

Satu pasien di antaranya dirujuk ke rumah sakit. Gejala timbul setelah pasien mengonsumsi jajanan jenis ciki ngebul.

BACA JUGA: Diduga Akibat dari Puntung Rokok, Pabrik Sabut Kelapa di Pamarican Ciamis Terbakar

Pada tanggal 21 Desember 2022, UGD Rumah Sakit Haji Jakarta melaporkan menerima pasien anak laki-laki berumur 4,2 datang dengan keluhan nyeri perut hebat setelah mengonsumsi jajanan jenis ciki ngebul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: