Bunda Wajib Tahu! Ciki Ngebul Sebabkan Kerusakan Organ

Bunda Wajib Tahu! Ciki Ngebul Sebabkan Kerusakan Organ

Satu orang siswa SDN 2 Ciawang Tasik masih mendapatkan perawatan di IGD RSUD SMC, Senin 15 November 2022. Siswa tersebut keracunan diduga dari jajanan cikbul. -ujang nandar-radartasik.disway.id

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Bunda  wajib tahu! Jangan biarkan sang buah hati jajan ciki ngebul alias cikbul.

Mengapa? Informasinya nih, penambahan nitrogen cair pada produk pangan siap saji seperti ciki ngebul sebabkan kerusakan organ atau gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan yang dimaksud adalah radang dingin dan luka bakar terutama pada beberapa jaringan lunak seperti kulit.

Kemudian, menghirup terlalu banyak uap yang dihasilkan oleh makanan atau minuman yang diproses menggunakan nitrogen cair dapat memicu kesulitan bernafas yang cukup parah.

BACA JUGA: 7 Siswa SDN Ciawang 2 Tasik Keracunan Diduga dari Jajanan Cikbul Saat di Sekolah

Mengonsumsi nitrogen yang sudah dicairkan dapat menyebabkan tenggorokan terasa seperti terbakar, karena suhu yang teramat dingin dan langsung bersentuhan dengan organ tubuh.

Bahkan, tidak sedikit kasus terparah yang menunjukkan bahwa ice smoke dapat memicu kerusakan internal organ tubuh.

Ciki ngebul memang menjadi jajanan yang digemari oleh anak-anak. Saat dikonsumsi, ciki ngebul ini tidak hanya memberikan rasa dingin, tetapi sensasi mulut yang mengeluarkan asap.

Asap pada makanan ini berasal dari nitrogen cair atau liquid nitrogen yaitu nitrogen yang berada dalam keadaan cair pada suhu yang sangat rendah.

BACA JUGA: Berkaca dari Kasus Ciki Ngebul, Dinkes dan BPOM Cegah Keracunan Jajanan Makanan Berbahaya di Sekolah

Cairan ini jernih, tidak berwarna dan tidak berbau sehingga tidak mengubah rasa jika digunakan untuk makanan.

Pedagang Keliling Dilarang Jual Cikbul

Karena bahaya cikbul bagi kesehatan, Kementerian Kesehatan meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya konsumsi jajanan ice smoke atau ciki ngebul.

Hal itu disampaikan untuk mencegah kasus keracunan pangan yang lebih parah akibat konsumsi nitrogen cair yang berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: