Dana Kompensasi Ternak Mati Akibat PMK di Garut Capai Rp 692 Juta

Dana Kompensasi Ternak Mati Akibat PMK di Garut Capai Rp 692 Juta

ilustrasi sapi--

“Karena kalau digabung juga tidak lebih dari harga ternak. Saya harap dia dua-duanya dapat. Kami kan awalnya hanya berniat baik untuk memberikan kompensasi, tapi ternyata pusat kasih juga,” ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya belum bisa memastikan kapan kompensasi dari pemerintah pusat cair. Ia juga ingin memastikan mekanisme penyaluran kompensasi dari pemerintah pusat.

Mengenai penyebaran kasus PMK, Sofyan mengatakan masih terus berkembang. Sudah ada 24 kecamatan di Kabupaten Garut yang terdampak PMK. Namun, dinasnya disebut terus melakukan pengendalian. 

Menurut Sofyan, sekitar 70 persen dari kasus yang ada sudah dapat dikendalikan. Selain itu, ia menambahkan total ternak yang telah menjalani vaksinasi sudah mencapai 10.347 ekor. 

Sementara cakupan vaksinasi dosis kedua sudah sekitar 400 dosis. “Jadi dosis pertama yang belum terpakai, kami pakai untuk dosis kedua. Karena sudah waktunya,” terangnya.

Terkait lalu lintas hewan ternak, Sofyan mengatakan sudah cenderung kembali normal. Meski begitu, ia masih belum merekomendasikan peternak mendatangkan ternak dari daerah zona merah PMK. 

“Kalau dari sumber zona wabah, kami tidak merekomendasikan,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: