Pemkab Tasikmalaya Akan Tambah Empat OPD Baru, Mohamad Zen: Bukan Keinginan Tapi Kebutuhan

Pemkab Tasikmalaya Akan Tambah Empat OPD Baru, Mohamad Zen: Bukan Keinginan Tapi Kebutuhan

Sekda Kabupaten Tasikmalaya H Mohamad Zen. Foto: Radika Robi Ramdhani/Radar Tasikmalaya--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM— Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan menambah 4 organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kabupaten Tasikmalaya.

Sekda Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen mengatakan, dengan bertambahnya empat organisasi perangkat daerah (OPD) baru agar pelayanan kepada masyarakat dilakukan lebih maksimal.

"Nanti rencananya akan ada empat dinas baru. Ini bukan keinginan, melainkan karena kebutuhan," ujarnya Senin 20 Mei 2024.

Sekda Mohamad Zen menyebutkan, beberapa OPD yang akan dimekarkan diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK), Arsip dan Perpustakaan.

BACA JUGA: Pilkada 2024 Kabupaten Tasikmalaya, PKB Belum Tentukan Akan Berkoalisi dengan Siapa, kenapa Ya?

BACA JUGA: Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, Harga Daging Ayam dan Bawang Mulai Naik di Kabupaten Tasikmalaya

Kemudian, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPUTRLH).

Misalnya Dinas Ketenagakerjaan saat ini digabung menjadi bidang di DPMPTSPTK. Hal ini di satu sisi itu cukup berat, karena kita bisa mengukur kapasitas. Sebab, kalau terlalu gemuk maka kurang maksimal.

Dulu OPD ada 28, kemudian dirampingkan dan sekarang ada 20 OPD. Sekarang rencana akan ditambah menjadi 24 OPD.

Hal tersebut, kata Mohamad Zen, dinilai ideal. Sebab, jumlah penduduk sebanyak 1,9 juta jiwa, luas wilayah cukup luas  ada 351 desa.

BACA JUGA: Program Intervensi Stunting Pemkot Tasikmalaya Harus Dievaluasi, Fokus Edukasi dan Partisipasi Publik

BACA JUGA: SIMAK Daftar 8 Instansi Pemerintah yang Membuka Sekolah Kedinasan Tahun 2024, Ketahui Juga Alur Pendaftarannya

Oleh karena itu, jangkauan luas penduduk cukup banyak. Maka dinilai perlu adanya keseimbangan OPD yang mengurusnya.

"Saya berharap dengan bertambahnya Empat OPD baru ini, pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya bisa berjalan lebih maksimal lagi sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: