Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Pemkab Tasikmalaya Gelar Simulasi Evakuasi Gempa Bumi

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Pemkab Tasikmalaya Gelar Simulasi Evakuasi Gempa Bumi

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto saat memeriksa perlengkapan evakuasi bencana alam. Foto: radika robi/radartasikmalaya--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMBupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto memimpin apel siaga bencana dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana, bertempat di halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya, Senin 6 Mei 2024.

Pada kegiatan tersebut, dihadiri oleh pasukan apel dari BPBD, Kodim 0612/TSM, Brimob, Brigif, Lanud Wiriadinata, Polres Kab/kota Tasik, Pol PP, Dishub, Dinkes, Alkal PU, PMI, Tagana, Linmas, Relawan Penanggulangan Bencana Kecamatan Singaparna. Termasuk Wakil Bupati Tasikmalaya H Cecep Nurul Yakin.

Kemudian pada kegiatan tersebut dilakukan simulasi gempa bumi, bebera unsur yang terlibat diantaranya BPBD, Kodim, Brimob, Polres Kabupaten Tasik, Pol PP, Dishub, Tagana, Dinkes, PMI, Basarnas, dan Relawan Penanggulangan Bencana Kecamatan Singaparna.

Ade Sugianto menyampaikan, pentingnya edukasi mitigasi bencana guna menjadikan pemahaman kepada masyarakat kabupaten Tasikmalaya.

BACA JUGA: Gerakan Senyap PAN Menjaring Pasangan Yusuf untuk Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, Sudah Ada 7 Nama

"Potensi bencana alam Kabupaten Tasikmalaya cukup tinggi, melalui BPBD Kabupaten Tasikmalaya upaya mengedukasi masyarakat agar siap siaga," ujarnya.

Bupati Ade menyebutkan, patut dilakukan kesiapsiagaan melalui latihan yang terus menerus. Mudah-mudahan ini menjadi upaya untuk bersama-sama dalam mengatasi permasalahan di lingkungan sendiri.

Atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Bupati Ade menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas diselenggarakannya kegiatan tersebut.

"Melalui apel kesiapsiagaan kita mengingatkan diri kita sendiri dan seluruh komponen masyarakat untuk senantiasa siap dan tanggap dalam menghadapi situasi darurat," ucapnya.

BACA JUGA: Mulai Mei 2024, Jadwal LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas Lebih Malam, Tarif Promo Masih Berlaku

Bupati Ade berharap, melalui latihan-latihan seperti ini masyarakat dapat lebih waspada, siap siaga dan memiliki pengetahuan yang memadai dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Serta masyarakat dapat terbiasa melakukan upaya mitigasi dan mengidentifikasi titik evakuasi dan perlindungan yang dinilai paling aman, sehingga pada akhirnya akan meminimalisir terjadinya korban.

Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah dengan banyak potensi bencana. 

Kondisi geografis Kabupaten Tasikmalaya yang dikelilingi banyak pegunungan dengan lereng tebing dan jurang ditambah dengan berkurangnya pepohonan pagar dan alamiah rumpun bambu seperti yang diharapkan akan banyak melindungi wilayah pemukiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: