Mudah Cara Mencegah Tikus di Rumah Tanpa Membunuhnya

Mudah Cara Mencegah Tikus di Rumah Tanpa Membunuhnya

Mudah cara mencegah tikus di rumah tanpa membunuhnya versi drh Ayu Pradipta Pratiwi.-Ilustrasi/bing.com-

BACA JUGA: Jelang laga melawan Atletico, Sacchi Puji Simone Inzaghi: Inter Tidak Lagi Mengandalkan Serangan Balik Klasik

BACA JUGA: Vandalisme Anak Muda di Kota Banjar Bikin Resah, Aksinya Terekam CCTV

- Melengkapi struktur bangunan rumah dengan bahan antitikus. Salah satunya mengecat dinding luar rumah dengan cat yang halus di bagian bawah jendela minimal setinggi 10 cm

- Menutup lubang ventilasi dengan kawat kasa

- Menutup saluran air yang menghubungkan bagian lua dan dalam rumah

Cara Menangkap Tikus di Rumah 

Salah satu cara menangkap tikus di rumah adalah dengan pemasangan perangkap tikus di lingkungan rumah. Pemasangan perangkap dapat dilakukan dengan menggunakan perangkap hidup minimal dua buah.

Perangkap dipasang di tempat-tempat yang sering didatangi tikus atau lokasi di mana bukti keberadaan tikus ditemukan berdasarkan identifikasi urine, kotoran, sisa makanan dan lain-lain.

Jenis umpan yang digunakan dalam perangkap bisa berupa kelapa bakar atau makanan yang biasa di konsumsi tikus di sekitar rumah.

Tikus yang masuk perangkap segera dimatikan dengan cara menenggelamkan perangkap beserta tikusnya ke dalam air yang dicampur disinfektan klorin. Bangkai tikus dikubur dalam tanah dengan kedalaman sekitar 1 m.

BACA JUGA: Harga Beras di Tasikmalaya Capai Rp 17.000 Per Kilogram, Operasi Pasar Murah Jadi Solusi

BACA JUGA: Bruno Moreira Gabung Persib dan David da Silva ke Persebaya Jadi Opsi Pertukaran Striker Musim Depan?

Pengendalian tikus membutuhkan kerja sama seluruh anggota keluarga dan masyarakat di lingkungan sekitar untuk mencegah tikus mendapatkan tempat berlindung, bersarang dan mendapatkan makanan secara berkelanjutan.

Pengendalian tikus menjadi salah satu langkah awal melindungi diri dan keluarga dari penyakit. Jaga diri dan keluarga dari penyakit yang disebabkan hewan pengerat (tikus) dengan terus meingkatkan kebersihan lingkungan.

Virus Hanta 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemkes.go.id