Getaran Gempa Garut Rusak 5 Rumah Warga Kota Tasikmalaya, ini Titik Lokasinya

Getaran Gempa Garut Rusak 5 Rumah Warga Kota Tasikmalaya, ini Titik Lokasinya

Tim BPBD Kota Tasikmalaya saat memerika kondisi rumah warga yang terdampak gempa garut, Minggu dini hari 28 April 2024. istimewa--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Guncangan gempa bumi 6,5 magnitudo yang berpusat di wilayah Kabupaten Garut Sabtu malam, 27 April 2024, terasa hingga ke Kota Tasikmalaya.

Berdasarkan informasi BMKG, pusat gempa ini terletak di perairan sekitar 151 km arah barat daya Kabupaten Garut dan terjadi pukul 23.29 WIB.

Gempa tersebut menyebabkan getaran yang berlangsung lebih dari 10 detik. Efek getarannya terasa hingga ke jalan-jalan dan menyebabkan tiang lampu bergoyang karena terdampak getaran tersebut.

Meskipun demikian, BMKG menyatakan bahwa gempa dengan kedalaman 10 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami, namun beberapa rumah di Kota Tasikmalaya mengalami kerusakan. 

BACA JUGA:Gempa Garut, 2 Warga Pameungpeuk Luka-luka

Koordinator Tim URC BPBD Kota Tasikmalaya Harisman mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari warga terkait dampak getaran gempa ini.

Rumah yang dilaporkan rusak terletak di Kampung Awipari Kulon Kecamatan Cibeureum, Kampung Sindangreret Kecamatan Tamansari, Kampung Ciherang Kecamatan Cibeureum, Kampung Cikawung Kelurahan Awipari Kecamatan Cibeurum dan Kampung Cibungkul Kelurahan Sukamaju Kaler Kecamatan Indihiang.

"Hari ini kami telah menerima satu laporan dari warga melalui posko BPBD di Cibeureum," ujar Harisman kepada wartawan, Minggu 28 April 2024.

BPBD langsung merespons laporan tersebut dengan mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan penanganan darurat. Mereka juga melakukan patroli untuk memantau situasi di seluruh wilayah Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA:Akibat Gempa Garut: 5 Rumah dan 4 Bangunan Fasilitas Umum Rusak, Listrik Mati, 1 Warga Tasikmalaya Luka

"Setelah menerima informasi tersebut, tim BPBD segera bergerak ke lokasi dan melakukan patroli di wilayah lain di Kota Tasikmalaya," terang Harisman.

Terdapat 5 rumah di Kota Tasikmalaya yang terdampak gempa Garut 6.5 SR ini yaitu: 

1. Awipari kulon RT. 003 RW. 007 Kelurahan Awipari Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya.

2. Sindangreret RT. 002 RW. 004 Kelurahan Tamanjaya Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: