Bencana Alam Datang Lagi, Material Longsor Menimpa Rumah Warga Kabupaten Ciamis

Bencana Alam Datang Lagi, Material Longsor Menimpa Rumah Warga Kabupaten Ciamis

Masyarakat dan unsur pemerintah gotong royong membersihkan rumah tertimpa material longsor di Desa Sukahurip Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, Selasa 23 April 2024. istimewa--

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Bencana alam tanah longsor terjadi kembali di Kabupaten Ciamis tempatnya di Desa Sukahurip Kecamatan Cihaurbeuti, Selasa 23 April 2024 pukul 02.00. Akibatnya, satu rumah, saluran irigasi, dan jalan tertimpa material longsoran. 

Relawan Senior FK Tagana Ciamis, Ade Deni mengatakan dini hari tadi telah terjadi bencana alam tanah longsor di Desa Sukahurip Kecamatan Cihaurbeuti. Itu yang dimungkinkan akibat hujan deras. 

Akibat dari bencana longsor, terdapat satu rumah tertimpa material longsoran milik warga masyarakat Dusun Palasari RT 05/RW 09 Desa Sukahurip.

Selain itu, terang dia, tanah longsor juga menimpa saluran irigasi Lebak Jero Dusun Cidangiang RT 03/RW 08 Desa Sukahurip, longsoran tanah/tebing menimpa menutupi jalan desa yang berlokasi di Dusun Cidangiang RT 04/RW 08 Desa Sukahurip. 

BACA JUGA:Sebanyak 2.003 Calon Jemaah Haji Kabupaten Garut Siap Berangkat Tahun ini

"Sedangkan untuk yang rumah yang tertimpa material tanah longsor, bangunannya mengalami rusak berat. Lalu perabotan rumahnya pun tertimpa material longsor," terangnya kepada Radar Tasikmalaya.

Untuk membersihkan material longsoran di Desa Sukahurip itu, pihaknya sigap untuk melakukan gotong royong bersama camat Cihaurbeuti, Danramil, kepala desa, perangkat desa, TKSK, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RT, Ketua RW serta warga masyarakat setempat. 

"Kegiatan membersihkan material kita gotong royong dan rumah terkena material longsor untuk sementara ke kerabat terdekat," tambahnya.

Sedangkan untuk akibat tanah longsor di Desa Sukahurip tidak ada korban jiwa. Tetapi kerusakan bangunan rumah, yang mencapai kerugian Rp 30 juta. 

BACA JUGA:Cara Manfaatkan Layanan Perbaikan Antar Jemput Vivo untuk Pengguna yang Sibuk

"Bersyukur bencana di Desa Sukahurip tidak menimbulkan korban jiwa. Namun kerugian saja," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: