Dumaring Raih Dua Penghargaan Tingkat Nasional, Bupati Berau Terima Lencana Bakti Pembangunan Desa

Dumaring Raih Dua Penghargaan Tingkat Nasional, Bupati Berau Terima Lencana Bakti Pembangunan Desa

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas saat meresmikan Rest Area Dumaring, Pondok Kerja dan Bumi Perkemahan di Kampung Dumaring, Rabu (24/11/2023).-charles bale/ radartasik tv.disway.id-

BERAU, KALTIM, RADARTASIK.COM - Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menerima Anugerah Lencana Bakti Pembangunan Desa dari Kemendes PDTT RI. 

Penghargaan tersebut setelah Kampung Dumaring, Kecamatan Talisayan, meraih juara dalam kategori tematik lingkungan serta peringkat delapan kategori desa maju/ mandiri.

Dua penghargaan tingkat nasional itu diraih dalam Lomba Desa Wisata Nusantara 2023, yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia tahun 2023.

Lencana Bakti Pembangunan Desa yang diterima Bupati Berau ini menunjukkan komitmen dalam mendukung pembangunan desa dan pengembangan pariwisata, serta mendukung lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023.

BACA JUGA:Pemekaran DOB Diperkuat Perda Percepatan Pembangunan Tasik Selatan

“Dari DPMK, Ibu Tentram Rahayu sudah ke Lombok. Kita akan jaga dan apresasi --juara kategori tematik lingkungan serta peringkat delapan desa maju/mandiri--, dan kita akan jaga produk serta kerja sama semua pihak,” ungkap Sri Juniarsih kepada radartasik.disway.id saat meresmikan Rest Area Dumaring, Pondok Kerja dan Bumi Perkemahan Rabu (24/11/2023). 

Sri Juniarsih bangga, Kampung Dumaring mampu menunjukkan prestasi di tingkat nasional dengan diikuti 2007 desa se-Indonesia kategori maju/ mandiri dan kategori sangat tertinggal/ tertinggal/ berkembang.


Penghargaan Anugerah Lencana Bakti Pembangunan Desa dari Kemendes PDTT Republik Indonesia diberikan Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar Kepada Bupati Berau, diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Berau, Tentram Rahayu.-dok.pemkam dumaring- 

Sementara Kepala Kampung Dumaring Salehuddin mengucapkan rasa syukur dan berterimakasih kepada para pihak yang terlibat dalam mempersiapkan lomba Desa Wisata Nusatara

“Torehan ini berkat dukungan seluruh lapisan yang terlibat, terutama telah secara komitmen menjaga dan merawat dari prestasi-prestasi sebelumnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:Masa Jabatan Wali Kota Banjar Berakhir, Sisakan 5 Pekerjaan Rumah   

Terkait dua penghargaan tingkat nasional dalam Lomba Desa Wisata Nusantara ini, sambung dia, dua bulan sebelum mendaftar, mencoba membenahi sektor ekonomi dan lingkungan yang mendukung wisata di Kampung Dumaring. 

“Yang kami rasakan, peran masyarakat, peran pendamping dari Tim Kolaboarasi Konservasi, ada Aksenta, Belantara dan KLK, ini luar biasa. Artinya secara ketidaktahuan dan ketidakmampuan kami dalam melakukan persiapan itu, kami dibantu sepenuh hati. Sehingga kampung kami mampu membawa nama baik Kabupaten Berau di kancah nasional,” bebernya.

Salehuddin menegaskan, dalam hal menjaga lingkungan, ke depanbakal mewujudkan penanaman sejuta mangroove di Kampung Dumaring. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: