Koramil Talisayan Mendukung Penuh Prakarsa Penanaman Pohon Bakau di Kawasan Mangrove Dumaring

Koramil Talisayan Mendukung Penuh Prakarsa Penanaman Pohon Bakau di Kawasan Mangrove Dumaring

Anggota Koramil Talisayan, Sertu Deddy Kurniawan, membantu murid-murid SDN 001 Dumaring menanam bibit pohon bakau saat penanaman perdana di Kawasan Mangrove Dumaring, Sabtu, 9 Maret 2024. -Sandy Abdul Wahab-Radar Tasikmalaya

BERAU, RADARTASIK.COM – Komando Rayon Militer (Koramil) 0902-07 Talisayan, Kabupaten Berau, mendukung penuh prakarsa penanaman pohon bakau di Kawasan Mangrove Dumaring sebagai bentuk pertahanan wilayah dari ancaman bencana. 

Penanaman pohon bakau diselenggarakan oleh Program Kolaborasi Konservasi Mangrove Dumaring bekerja sama dengan Pemerintah Kampung Dumaring pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Kegiatan di pesisir Dumaring tersebut dilaksanakan oleh murid-murid SDN 001 Dumaring, para guru, tokoh masyarakat dan tokoh adat dari Kerukunan Keluarga (Kekal) Patiraja, kaum ibu, pemuda-pemudi Kampung Dumaring, serta anggota Koramil Talisayan

Danramil Talisayan, Kapten Arm Sarmidi, diwakili anggotanya, Sertu Deddy Kurniawan, mengapresiasi penanaman pohon bakau di Kawasan Mangrove Dumaring yang melibatkan para pelajar dan tokoh-tokoh masyarakat setempat. 

BACA JUGA:Penanaman Perdana Mangrove Dumaring Dilakukan oleh Tokoh Masyarakat dan Murid-Murid Sekolah Dasar

”Dengan adanya kegiatan tanam mangrove ini kami sangat antusias sekali,” ujar Deddy Kurniawan usai mengikuti kegiatan penanaman pohon bakau di pesisir Dumaring. 

Dia menilai, kegiatan tersebut merupakan langkah positif sebagai pelajaran bagi anak-anak dan warga tentang pentingnya pelestarian hutan mangrove dan bagaimana cara melakukannya. 

Penanaman pohon bakau juga menumbuhkan rasa tanggung jawab kepada para pelajar akan pentingnya menjaga lingkungan. 

”Ini merupakan suatu bentuk upaya dalam pertahanan wilayah (dari ancaman bencana, red),” ungkap Deddy.

BACA JUGA:Warisan Leluhur, Kekal Patiraja Berkomitmen Menjaga dan Melestarikan Hutan di Tanah Ulayat

Dia menyatakan, penanaman pohon bakau memiliki banyak manfaat, di antaranya, bisa mengurangi dampak abrasi. 

Oleh karena itu, Koramil Talisayan antusias ikut terlibat dalam kegiatan ini untuk menjaga luas daratan pesisir Dumaring agar tidak habis. 

Deddy berharap, kegiatan penanaman pohon bakau bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. 

”Kami selaku pasukan teritorial, khususnya yang berada di wilayah (Koramil Talisayan), siap mendukung setiap kegiatan yang ada di masyarakat,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: