BPBD Kota Banjar Lakukan Mitigasi Bencana, Edukasi Warga untuk Kesiapsiagaan

BPBD Kota Banjar Lakukan Mitigasi Bencana, Edukasi Warga untuk Kesiapsiagaan

BPBD Kota Banjar melakukan mitigasi bencana dengan memberikan edukasi pada warga untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana yang mungkin bisa terjadi kapan saja.-Foto:anto sugiarto/radartasik.disway.id-

BPBD Kota Banjar Lakukan Mitigasi Bencana, Edukasi Warga untuk Kesiapsiagaan 

KOTA BANJAR, RADARTASIK.COM - Bencana alam kapan saja bisa terjadi, mulai dari banjir, longsor, pohon  tumbang dan lainnya. Terlebih saat ini masih musim kemarau panjang. 

Dampak yang terjadi akibat bencana kemarau panjang tersebut, mulai dari kekeringan hingga krisis atau kesulitan mendapatkan air bersih. 

Upaya dalam menekan hal tersebut jangan sampai terjadi, maka harus dilakukan pencegahan baik dari masyarakat maupun stakeholder terkait. 

BACA JUGA:1.396 Jabatan Fungsional Guru Dibutuhkan untuk PPPK di Pemkab Garut, Cek Syarat Khususnya

Menyikapi hal tersebut, BPBD Kota Banjar menggelar pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana kepada stakeholder terkait seperti Rapi, Orari, perwakilan desa kelurahan dan lainnya. 

"Iya betul tadi kita laksanakan pelatihan pencegahan dan mitigasi kebencanaan, terlebih dalam situasi kemarau panjang saat ini," ucap Kalak BPBD Kota Banjar Kusnadi, Selasa 19 September 2023. 

Sambung dia, berbagai bencana sering terjadi baik faktor alam maupun akibat ulah manusia itu sendiri yang menyebabkan terjadinya bencana. 

Seperti halnya membuang puntung rokok sembarangan, membakar sampah hingga meninggalkan pembakaran di tungku yang dikira sudah padam. 

BACA JUGA:WASPADA! TEROR Vandalisme Serang SDN 3 Rejasari Kota Banjar

"Faktor manusia ini yang harus dicegah jangan sampai terjadi, makanya kita kumpulkan semua stakeholder terkait diberi pelatihan pencegahan dan mitigasi," jelasnya.

Minimal mereka bisa melakukan pencegahan dan minitgasi di wilayahnya masing-masing sehingga output-nya nanti ada penurunan risiko bencana. 

"Ya karena ini bukan tugas BPBD Kota Banjar saja, melainkan semua stakeholder bergerak bersama melakukan pencegahan dan mitigasi," tambahnya.

Kusnadi menambahkan, peran mereka sangat penting dan dibutuhkan ketika terjadi bencana bisa saling memberikan informasi untuk segera ditangani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: