Manfaatkan Pekarangan Rumah Warga, Taruna Tani Sugema Raih Award Sadar Inflasi

Manfaatkan Pekarangan Rumah Warga, Taruna Tani Sugema Raih Award Sadar Inflasi

Taruna Tani Sugema meraih penghargaan sadar inflasi dari Pemerintah Kota Tasikmalaya atas program pemanfaatan lahan pekarangan rumah warga.-Foto: istimewa-

Kelompok Taruna Tani Sugema yang da di RW 018 Kota Baru ini banyak digerakan oleh pemuda-pemudi di RW 018. Semua pemuda pemudi terlibat aktif untuk turut serta dalam kegiatan taruna tani.

BACA JUGA:Dikira Buang Sampah, Padahal Angkut Sampah, Sungai Cimulu Mampet Gara-Gara Sampah

“Kami juga sudah punya produk unggulan berupa magot kering dan boncabe yang sudah bisa dijual di beberapa market place."

"Sehingga hasil bercocok tanam tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan saja tapi ada juga yang diolah untuk dijual,” jelasnya.

Kelompok Taruna Tani Sugema mendapatkan Award Sadar Inflasi dari Pemerintah Kota tasikmalaya yang diserahkan pada Senin 17 Juli 2023 di Halaman Balekota Tasikmalaya.

Tidak Hanya Bercocok Tanam, Tapi Juga Punya Bank Sampah

BACA JUGA:Pantas AC Milan Jatuh Hati, Tijjani Reijnders Raja Gocek Liga Belanda

Kelompok Taruna Tani Sugema, tidak hanya manfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam saja, namun juga suda memiliki bank sampah yang dapat memilah dn mengelola sampah dari rumah warga.

Ada banyak cara dan strategi yang dilakukan oleh masyarakat di salah satu perumahan di Tasik untuk DPT menggerakan warganya dalam mengelola sampah di mulai dari rumah.

Seperti strategi yang digunakan oleh Bank Sampah Sugema di Perumahan Kota Baru Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.

Warga perumahan di Tasik ini  bisa bayar uang kurban dengan sampah.

BACA JUGA:Fraksi Golkar Dorong Infrastruktur, Ranperda Perumahan dan Ranperda Akselerasi Pembangunan Tasik Selatan

Caranya adalah dengan mengumpulkan dan memilah berbagi sampah seperti smpah plastik, sampah sisa makanan juga sampah kertas kardus dan lainnya yang kemudian disetorkan ke Bank Sampah Sugema.

Warga yang telah mengumpulkan sampah kemudian menyerahkannya ke bank smpah Sugema akan dicatat berupa jumlah sampah yang disetorkan.

Setiap sampah memiliki harga yang berbeda-beda. Sampah plastik dengn sampah kardus juga sampah kemasan lainnya punya nilai berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: