Manfaatkan Pekarangan Rumah Warga, Taruna Tani Sugema Raih Award Sadar Inflasi

Manfaatkan Pekarangan Rumah Warga, Taruna Tani Sugema Raih Award Sadar Inflasi

Taruna Tani Sugema meraih penghargaan sadar inflasi dari Pemerintah Kota Tasikmalaya atas program pemanfaatan lahan pekarangan rumah warga.-Foto: istimewa-

Dari mengumpulkan sampah tersebut, uang yang dihasilkan warga kemudian dicatat dan ditabung.

BACA JUGA:Leak Karakter B5 Honkai Star Rail Untuk Patch versi 1.3, 4 dan 5

Boleh digunakan untuk membayar untuk cicilan kurban atau juga bisa diambil untuk kebutuhan warga.

Selain bayar kurban warga juga boleh bayar emas dengan sampah. Caranya masih tetap sama yaitu mengumpulkan sampah ke Bank Sampah Sugema.

Bank Sampah Sugema yang dikelola oleh Aldy juga para pemuda di sekitar lingkungan perumahan di Tasik ini, juga punya inovasi yang luar biasa.

Bahkan dari bank sampah mereka dapat membiayai berbagai kegiatan kepemudaan. Pengembangan bank sampahnya pun cukup luas.

BACA JUGA:Dikira Buang Sampah, Padahal Angkut Sampah, Sungai Cimulu Mampet Gara-Gara Sampah

Tidak hanya mengumpulkan sampah tapi juga mengembangkan bidang pertanian melalui tanaman pangan yang dapat di tanam di pekarangan warga, seperti sayur-sayuran. 

Program bank sampah ini merupakan slah satu strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tasikmlaya dalam mengurangi banyaknya sampah yang dibuang ke TPS dan TPA.

Di tahun 2025 yang akan datang, Pemerintah Kota Tasikmalaya punya target harus mampu mengurangi sampah yang dibuang ke TPS dan TPA hingga 30 persen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: