Manfaatkan Pekarangan Rumah Warga, Taruna Tani Sugema Raih Award Sadar Inflasi

Manfaatkan Pekarangan Rumah Warga, Taruna Tani Sugema Raih Award Sadar Inflasi

Taruna Tani Sugema meraih penghargaan sadar inflasi dari Pemerintah Kota Tasikmalaya atas program pemanfaatan lahan pekarangan rumah warga.-Foto: istimewa-

Manfaatkan Pekarangan Rumah Warga, Taruna Tani Sugema Raih Award Sadar Inflasi

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Bercocok tanam sat ini tidak perlu memiliki area pesawahan yang luas, cukup manfaatkan pekarangan rumah juga sudah bisa bercocok tanam.

Salah satu contohnya yang dilakukan oleh warga di RW 18 Kelurahan Kota Baru Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya yang mampu mengolah dan manfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam.

Meskipun berada i kompleks perumahan yang memiliki lahan sempit, namun warga yang berada di bawah naungan Kelompok Taruna Tani Sugema ini berhasil menanam berbagai macam tanaman pangan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Fatayat NU Tasikmalaya Kokohkan Peran Kader dalam Kemajuan Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi

“Kami di lahan yang sempit manfaatkan pekarangan rumah wrga menanam berbagai macam sayuran dan tanaman obat keluarga atau toga. Ada sekitar 15 jenis tanaman toga,” ungkap Aldy ketua Taruna Tani Sugema.

Sedangkan untuk sayuran ada berbagai macam tanaman seperti tomat, pakcoy, seledri, cabe, bawang daun, bawang merah, pagoda juga berbagai tanaman sayuran khususnya yang di tanam di sekitaran kompleks. 

“Kami tidak punya tanah yang luas, jadi luas tanah yang digunakan hanya manfaatkan pekarangan rumah warga untuk ditanami sayuran dan berbagai tanaman obat untuk menopang inflasi."

"Jadi karena kita tanam di halaman rumah warga sehingga tidak perlu beli kalau untuk kebutuhan konsumsi,” ungkapnya.

BACA JUGA:Mengerucut, 2 Calon Pelatih Baru Persib Pengganti Luis Milla, Progresnya Hari Ini Diwawancara Manajemen

Manfaatkan pekarangan rumah warga untuk ditanami berbagai tanaman, memang belum diikuti oleh semua warga di kompleks Kota Baru.

Namun kata Aldy secara bertahap pihak Taruna Tani Sugema sellau memberikan edukasi dan sosialisasi kaitan dengan manfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dalam rangka menurunkan angka inflasi.

“Untuk warga yang ingin bercocok tanam, Taruna Tani Sugema siap memfasilitasi menyediakan pupuk dan benih,” kata Aldy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: