Penyerapan APBD Harus Mampu Tingkatkan PAD

Penyerapan APBD Harus Mampu Tingkatkan PAD

Pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya bersama anggota dewan saat melaksanakan rapat Badan Musyawarah di Ballroom Hotel City Kota Tasikmalaya, Rabu 12 Juli 2023 malam.-Dok Setwan DPRD Kabupaten Tasikmalaya-

BACA JUGA: Sekda Kota Banjar dan 61 ASN Dilantik, Ini Pesan Wali Kota Ade Uu Sukaesih

”Sehingga banyak dikunjungi dan aksesnya bagus. Menjadi daya tarik bagi wisatawan dan mudah diakses. Dampaknya terhadap PAD kita salah satunya dari sektor pengoptimalan akses jalan menuju objek wisata,” paparnya.

Pada intinya, pembangunan yang bersumber dari APBD diarahkannya untuk peningkatan PAD. Kemudian dalam membelanjakan anggaran yang menjadi prioritas dan tidak prioritas harus jelas.

”Sudah ada rambu-rambunya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dalam penggunaan APBD, terkadang pada implementasinya belum sesuai. Masih banyak belanja yang tidak sesuai dengan prioritas yang ada. Salah satunya dalam peningkatan standar pelayanan minimal seperti pendidikan dan kesehatan,” jelas dia.

Dia menyebutkan pemerintah daerah atau eksekutif melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum optimal dalam pelaksanaan belanja untuk pembangunan dan programnya. Kemudian pemerintah daerah atau eksekutif terlalu mengandalkan APBD.

BACA JUGA: Siswi SD Tasikmalaya Tewas Tenggelam di Kubangan Bekas Galian C

”Kita DPRD menyarankan kepada eksekutif agar dalam pembangunan itu jangan memanfaatkan hanya dari APBD saja. Coba datangkan investor ke daerah, pengusaha yang mau berinvestasi di Kabupaten Tasikmalaya,” ujar dia.

Dalam peningkatan PAD itu, tambah dia, daerah harus membuka diri untuk investor. Seperti pembangunan hotel atau pembangunan lainnya yang jangan hanya mengandalkan dari APBD.

”Pada akhirnya jika ada pembangunan dan bisa mendatangkan investor bisa menyerap tenaga kerja. PAD akan meningkat dan lain sebagainya. Pemerintah harus berpikir jangka panjang. Jangan hari ini kita rasakan besok, tetapi yang kita lakukan hari ini bisa dirasakan dua-tiga tahun ke depan,” jelas dia.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi SP menambahkan program pembangunan jangka panjang yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tasikmalaya ke depan bisa lebih dioptimalkan lagi untuk peningkatan PAD.

BACA JUGA: Waspada, Jalan Menuju Jembatan Cirahong Ciamis Retak, Ini Penyebabnya

”Imbasnya untuk masyarakat. Selain membangun fasilitas seperti akses jalan juga membuka lapangan pekerjaan. Peningkatan PAD pun akan dirasakan. Maka harus lebih efektif lagi program yang dibuat sesuai yang direncanakan,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: