Waspada, Jalan Menuju Jembatan Cirahong Ciamis Retak, Ini Penyebabnya

Waspada, Jalan Menuju Jembatan Cirahong Ciamis Retak, Ini Penyebabnya

Diduga akibat hujan deras beberapa hari kebelakang, jalan menuju Jembatan Cirahong retak memanjang.-IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA-

CIAMIS,RADARTASIK.COM-Retakan jalan di Desa Pawindan, Kecamatan CIAMIS, yang menuju Jembatan Cirahong CIAMIS disebabkan oleh curah hujan tinggi yang terjadi pekan lalu.

Aliran air dari perbukitan meluncur ke jalanan selama dua hari hujan beruntun, yang menyebabkan kondisi tanah menjadi labil dan jalan mengalami retakan serta penurunan badan jalan.

Retakan pada jalan tersebut terlihat cukup besar dan memanjang hingga 32 meter, dengan penurunan badan jalan sekitar 12 cm.

Jalan ini merupakan jalur lalu lintas utama menuju Jembatan Cirahong Ciamis, yang banyak digunakan oleh kendaraan roda dua dan roda empat milik warga setempat.

BACA JUGA:Kelas Midrange Akan Kedatangan Chipset Baru Mediatek Dimensity 6100 Plus Ini Jadwalnya

Kasi Perencanaan Desa Pawindan Ahmad Himawan mengatakan, hujan mengguyur dua hari berturut-turut pada minggu kemarin membuat aliran air dari perbukitan meluncur kejalan.

menyebabkan jalan menjadi retak dengan rekahan yang cukup besar, hal tersebut diduga akibat tanah yang labil.

“Saya tahu retakanya sepanjang 30 meter untuk retakan jalan sekitar 15 meter dan dalamnya sampai 50 sentimeteran,” paparnya, Rabu (12/7/2023).

Kondisi retakan jalan yang semakin memburuk membuat pihak desa melaporkan kejadian tersebut kepada instansi terkait untuk segera mendapatkan perbaikan. Karena ditakutkan jika kondisi tersebut dibiarkan malah akan semakin buruk.

BACA JUGA:Bobotoh Persib Kepincut Playmaker Persebaya, Apalagi Setelah Tyronne Del Pino Cedera dan Pulang ke Spanyol

“Upaya kami saat ini adalah hanya ngasih tanda rambu-rambu tanda bahaya pakai bambu seadanya agar penguna jalan waspada,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Ciamis Adang Firman mengatakan, pihaknya telah memeriksa kondisi jalan di Desa Pawindan dan mengkonfirmasi adanya retakan besar yang memanjang di jalan menuju Jembatan Cirahong Ciamis.

“Penyebabnya memang di duga hujan tiga hari ke belakang mengakibatkan bebeapa kontruksi mengalami kerusakan,” katanya.

Selain jalan tersebut, terdapat dua lokasi infratruktur lainnya di Ciamis yang mengalami kerusakan akibat curah hujan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: