DKP Jabar Galakan Vegetasi Pantai, Ridwan Kamil Sebut Menahan Abrasi dan Mempertahankan Peradaban

DKP Jabar Galakan Vegetasi Pantai, Ridwan Kamil Sebut Menahan Abrasi dan Mempertahankan Peradaban

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Hermansyah MSi beserta Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyerahkan bibit pohon vegetasi pantai kepada Kelompok Masyarakat Pengawas Camar Laut Jamhuri.-Istimewa-

BACA JUGA: Debut Perdana Bersama Dewa United, Mantan Pemain Persib Ini Bilang Awal yang Manis, Bobotoh Jangan Nyesel!

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Hermansyah MSi menyampaikan salah satu program Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat yang saat ini sedang dilaksanakan adalah program pengelolaan ekosistem laut, pesisir dan pulau-pulau kecil serta konservasi sumber daya hayati kelautan dan perikanan.

Tujuan utama program tersebut adalah adalah terlaksananya konservasi secara berkelanjutan yang di harapkan akan sangat berdampak untuk masa depan. 

”Bentuk nyata kegiatan dari program tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan pengelolaan pantai dan pesisir melalui penanaman vegetasi pantai yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas ekosistem laut, pesisir dan pantai secara berkelanjutan,” katanya.

Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan yang merupakan pelaksana utama dalam pelaksanaan kegiatan vegetasi pantai ini berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam pelaksanaannya.

BACA JUGA: Ustadz Juga Gembira Jalan Tol Cisumdawu Diresmikan Presiden Jokowi, Lancar Pulkam!

Yaitu, Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran, Kelompok Pengawas Perikanan Camar Laut dan Kelompok Konservasi Cinta Bahari.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Bank Bjb dengan memberikan bibit pohon vegetasi pantai sebanyak 13.000 buah.

PT Migas Utama Jabar memberikan bibit pohon vegetasi pantai sebanyak 4.000 buah.

PT Biofarma memberikan bibit pohon vegetasi pantai sebanyak 4.000 buah.

BACA JUGA: Kabar Gembira, Harga Tiket Persib vs Dewa United Didiskon 20 Persen, Ini Cara Mendapatkannya

PT Agronesia memberikan bibit pohon vegetasi pantai sebanyak 500 buah.

Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan Yudi menambahkan kondisi lingkungan pesisir dan pantai yang saat ini terus berubah ke arah yang kurang baik.

Kondisi itu disebabkan baik kondisi secara alami maupun karena ada campur tangan manusia yang kurang bertanggung jawab dalam pengelolaannya.

Tentunya memerlukan peran dari semua pihak untuk menjaga dan memulihkan kembali ke kondisi menjadi lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: