DKP Jabar Galakan Vegetasi Pantai, Ridwan Kamil Sebut Menahan Abrasi dan Mempertahankan Peradaban

DKP Jabar Galakan Vegetasi Pantai, Ridwan Kamil Sebut Menahan Abrasi dan Mempertahankan Peradaban

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Hermansyah MSi beserta Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyerahkan bibit pohon vegetasi pantai kepada Kelompok Masyarakat Pengawas Camar Laut Jamhuri.-Istimewa-

DKP Jabar Galakan Vegetasi Pantai, Ridwan Kamil Sebut Menahan Abrasi dan Mempertahankan Peradaban

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan bibit pohon vegetasi pantai kepada Kelompok Masyarakat Pengawas Camar Laut Jamhuri.

Vegetasi pantai diserahkan pada puncak acara Cycling de Jabar 2 di Alun-Alun Paamprokan Pangandaran, Minggu 9 Juli 2023.

Saat itu gubernur didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Hermansyah MSi beserta Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan Yudi.

BACA JUGA: Pidato Gerry Cardinale di Latihan Perdana AC Milan Usai Pecat Paolo Maldini: Andalkan Saya dan Tim Saya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan selama 5 tahun menjabat gubernur, dirinya mendapati lahan di Jawa Barat subur tetapi sebagian juga kritis dan gundul.

Pemprov Jabar mencanangkan 50 juta penanaman pohon dan sudah terlampaui per hari ini sudah 62 juta sudah ditanam di lahan kritis untuk bisa dilanjutkan gubernur berikutnya atau siapa pun yang menjabat. 

”Sehingga tidak ada lagi lahan kritis di Jawa Barat, karena setiap tahun kita tanam kita rawat,” katanya. 

Menurut dia, salah satu krisis iklim adalah tergerusnya tanah di pantai utara atau garis-garis pantai oleh perubahan iklim.

BACA JUGA: Menyenggol Spion, Pengendara Motor Matik Meninggal Dunia Usai Kecelakaan di Kota Banjar

Makanya, di dalam 62 juta penanaman pohon, selain menanam di gunung-gunung atau bukit, tetapi juga di pantai-pantai melalui spek yang namanya mangrove.

”Mudah-mudahan ini bisa menahan abrasi dan mempertahankan peradaban di Jawa Barat,” katanya.

Lokasi penanaman vegetasi pantai dilaksanakan di Desa Legok Jawa Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran.

Dengan jumlah secara keseluruhan sebanyak 25.500 bibit pohon dengan berbagai macam jenis vegetasi, dari mulai cemara laut, ketapang laut, butun/baringtonia dan pandan laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: