Seperti Ini Upaya Penanganan Sampah di Kabupaten Tasikmalaya oleh Pemkab

Seperti Ini Upaya Penanganan Sampah di Kabupaten Tasikmalaya oleh Pemkab

Wakil Bupati Tasikmalaya saat Cecep Nurul Yakin saat menjelaskan, tenteng rencanana pembangunan TPA Nangkaleah.-ujang nandar-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Sampah masih menjadi salah satu permasalahan serius di Kabupaten Tasikmalaya saat ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya akan membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang representatif sebagai upaya penanganan sampah di Kabupaten Tasikmalaya. 

Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin mengutarakan, upaya penanganan sampah di Kabupaten Tasikmalaya bisa teratasi yang salah satunya diawali dari pembuatan TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu). 

Selanjutnya Pemkab akan membangun TPA Nangkaleah di Kampung Cioray Kecamatan Mangunreja.

"Itu nantinya untuk TPA pendekatannya lebih ke teknologi untuk TPA Nangkaleah ini," katanya kepada radartasik.com Selasa 18 April 2023.

BACA JUGA:Apes Bener, Mau Lebaran Pelaku Penyuntikan Gas Elpiji di Pagerageung Tasik Diciduk Polisi

BACA JUGA:Jalur-Jalur Alternatif untuk Masuk ke Kota Tasikmalaya dari Arah Barat

Cecep menjelaskan, melalui TPST diharapkan bisa melakukan upaya penanganan sampah dengan baik. Sehingga harus melakukan banyak terobosan agar masalah sampah di Kabupaten Tasikmalaya bisa teratasi. 

Salah satu terobosannya yaitu memaksimalkan TPST, yaitu tempat dilaksanakannya kegiatan pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendauranulangan, pengolahan, dan pemrosesan akhir sampah. 

"Tentunya dengan itu, sampah teratasi. Juga sampah-sampah tersebut akan lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis," ulas Cecep.

Pemerintah daerah kini berupaya agar anggaran segera turun. Sementara Detail Engineering Design (DED) juga tengah dipersiapkan.

"Saat ini DED untuk TPA sudah ada, sedang kita persiapkan. Mudah-mudahan tahun ini bisa segera terlaksanakan," harap Cecep. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: