Uya Utama

Uya Utama

Podcast Uya Kuya.--

Kantor Polres RoHil memang sangat jauh pun dari Bagan. Dan kampung petani itu lebih jauh di pedalaman lagi. Masih dua jam lagi dari Polres. Yakni di Simpang Manggala.

Petani sawit itu pendatang dari Tanah Batak. Tahun 2004 ia sudah mulai membeli tanah kebun yang masih sangat murah. Sampai terkumpul 500 hektare. Mulailah sawit ditanam. Berbuah. Panen.

Keluarga ini terlihat sudah pernah menikmati masa-masa panen yang baik. Busana tiga wanita itu terlihat masih dari sisa-sisa yang dibeli ketika punya banyak uang.

Kini tiga wanita itu seperti tidak kunjung berhenti menangis. Tanah sawit itu, katanya, diambil polisi. Mula-mula 10 hektare. Lalu 10 hektare lagi. Sampai habis.

"Saya tidak menyebutnya oknum karena UU tidak pernah mengenal kata oknum," ujar Kamaruddin.

Pengacara itu bertekad akan mengawal perkara ini sampai tuntas. Dengan biaya sendiri. Persis seperti ketika membela keluarga Josua di kasus Inspektur Jendral Polisi Sambo.

Tentu perkara ini tidak seberapa rumit. Mestinya. Tidak serumit Joshua. Tidak harus pakai panjat pagar Istana segala. Kalau toh polisi terlibat, paling tinggi adalah Kapolres. Apalagi kapolresnya sudah berganti-ganti.

Uya Kuya bisa. Sambil latihan jadi wakil rakyat. Siapa tahu terpilih. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan Edisi 27 Januari 2023: Barang Enak

AnalisAsalAsalan

Ketika anak SMA berdebat dengan anak TK, semua orang akan menyalahkan siapa? Anak SMA. Komposisi suara sesuai kontribusi harus diusulkan oleh yang berkontribusi kecil. Kalau yang berkontribusi besar usul, akan dicap sombong; mau menang sendiri; sok hebat; tidak demokratis; dsb. Nah, bagaimana mengajari anak TK legowo? Itu yang syulit, eh, penuh tantangan, ding. Mengapa? Kalau keinginannya tidak dituruti, lalu nangis guling-guling, repot jadinya. Hahahahaha.

Otong Sutisna

PSSI kalau di Jawa barat, Persatuan Salaki Sieun Istri.

Harun Purnomo

Untuk hal yang masih asing,baru,Abah sering mengawali dengan 'Anda sudah tahu'.Sampai -sampai banyak yang gemes .Tahu apa ,wong baca juga baru sekarang ini.Tahu dari Abah. Untuk hal seperti PSSI perlu diperjelas dengan menyebutkan singkatannya.Bahkan dianggap tidak tahu. Apakah Abah khawatir Perusuh Disway menganggap PSSI adalah Persatuan Suami Sayang Istri.Ya sudah pastilah!Eits ,jangan cepat membuat kesimpulan ya.Karena bisa juga ada PSSS.Persatuan Suami Sayang Selingkuhan.Oh,Tuhan ,Aku berlindung kepadamu dari persekutuan jahat yang terkutuk semacam ini. Jangan juga ada Persatuan Suami Sayang Semuanya.Bukan suami sayang anakndan istri .Tetapi satu,dua tiga sayang semuanya : Sayang istri dan selingkuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: