5 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengurangi Nyeri Saat Haid

5 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengurangi Nyeri Saat Haid

Ilustrasi kunyit asam yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.-Foto:tangkapanlayar/genpi.co-

RADARTASIK.COM - Kunyit yang mengandung kurkumin, serta berbagai senyawa fitonutrien pada asam jawa bersifat antioksidan dan antiradang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Kunyit asam juga berfungsi untuk menekan respons peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot.

Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin serta menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. 

Hasilnya, berat badan akan cenderung lebih stabil dan menurunkan risiko obesitas. Berikut 5 manfaat air kunyit campur asam jawa untuk kesehatan yang dilansir dari GenPI.co, Jumat 30 September 2022:

BACA JUGA:Benarkah Minum Kopi 2 Gelas Sehari Bisa Bikin Hidup Lebih Lama ? Berikut Hasil Penelitiannya 

1. Antioksidan 

Hasil penelitian membuktikan bahwa manfaat kunyit dan asam jawa sama-sama bermanfaat sebagai antioksidan. Senyawa kurkumin pada kunyit diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Sementara itu, berbagai kandungan fitonutrien pada asam jawa juga bersifat antioksidan yang baik untuk tubuh.

Ini Dosisnya Kandungan antioksidan pada minuman kunyit asam mempunyai aktivitas yang lebih besar dibandingkan dengan antioksidan sintetis.

Antioksidan baik untuk mengurangi peradangan tubuh dan kerusakan sel. Cara kerjanya adalah dengan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

BACA JUGA:Kejaksaan Nyatakan Berkas Perkara Roy Suryo Sudah P21, Segera Masuk Persidangan 

2. Mengendalikan Gula Darah 

Kunyit telah lama diketahui dapat menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes. Efek ini diduga akibat kemampuan antiinflamasi yang dimiliki kunyit dan asam jawa. Bila peradangan berkurang, tubuh dapat merespons hormon insulin dengan baik. 

Selain itu, manfaat kunyit asam ini berasal dari sifat antioksidan. Pasalnya, antioksidan ini membantu memerangi radikal bebas yang bisa merusak sel pankreas. Jadi, pankreas pun bisa menghasilkan insulin dengan optimal dan gula darah pun tetap terkendali. 

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: