5 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengurangi Nyeri Saat Haid

5 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengurangi Nyeri Saat Haid

Ilustrasi kunyit asam yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.-Foto:tangkapanlayar/genpi.co-

BACA JUGA:Pemasangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Tol Cipali Tunggu PLN

Manfaat lain jamu kunyit asam adalah berpotensi memperkuat kekebalan tubuh. Pasalnya, asam jawa mengandung flavonoid, tanin, polifenol, antosianin, dan proantosianidin. Asam jawa pun bisa melawan parasit, bakteri, jamur, dan virus penyebab berbagai penyakit.

Sementara itu, kandungan kurkumin pada kunyit mengatur sel-sel darah putih agar bisa memerangi berbagai patogen berbahaya. Jadi, tubuh pun lebih kuat dan tidak rentan sakit akibat paparan benda-benda asing.

4. Meredakan Nyeri Haid 

Mengutip studi terbitan Biomedical and Pharmacology Journal (2020), kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan cara mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

BACA JUGA:Innalillahi, Bocah 9 Tahun Meninggal, Korban Kebakaran Butuh Susu Bayi dan Logistik 

Asam jawa juga mampu menekan peradangan pemicu rasa sakit, menghambat prostaglandin, serta mengendalikan senyawa otak yang mengatur rasa sakit. Manfaat ini didapat dari senyawa tanaman atau fitonutrien yang terkandung, seperti alkaloid, flavonoid, tanin, fenol, dan saponin. 

Maka dari itu, tidak diragukan lagi bila minuman kunyit asam memang terbukti cocok untuk mengatasi nyeri haid pada wanita. 

5. Mengurangi Kembung 

Manfaat kunyit asam ternyata bisa mengurangi keluhan pada saluran pencernaan. Sudah sejak lama jamu kunyit asam dipercaya sebagai carminative mengatasi kembung. Dalam hal ini, kedua bahan-bahan pada jamu tersebut membantu mencegah pembentukan gas di dalam perut.

BACA JUGA:Bea Cukai Catat 759 Kasus Penipuan Belanja Online, Hatta: Bea Cukai Tak Pernah Kirim Pesan ke Pengguna Jasa

Selain itu, jamu kunyit asam membantu mengeluarkan gas yang menumpuk di dalam perut. Jamu ini bisa mempercepat proses pengosongan lambung dan mencegah iritasi ringan lapisan di dalam saluran pencernaan.

Hal ini membuat saluran pencernaan bergerak lebih aktif dalam memproses isi perut sehingga gas bisa keluar dengan mudah. 

Jika kamu ingin mengurangi gas di perut, jamu kunyit asam cocok sebagai minuman untuk kembung.(HelloSehat/GenPI.co)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: