Tips Jadi Perempuan yang Merdeka dan Bahagia, Eti: Salah Satunya Belajar Tanpa Henti

Tips Jadi Perempuan yang Merdeka dan Bahagia, Eti: Salah Satunya Belajar Tanpa Henti

Eti Nurhayati, S.S.,M.Pd.-Foto:dokradaratasik.disway.id/doketinurhayati-

"Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya, dan aku adalah yang paling baik terhadap istriku.” (HR Tirmidzi)

Dalam Al-Qur’an Surat An Nahl: 97 dijelaskan tentang kesetaraan antara laki-laki dan perempuan: “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Q.S.Al Hujurat: 13)

"Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal, baik laki-laki maupun perempuan" (Q.S. Ali Imran: 93).

"Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Taubah : 71).

Lalu, apa yang harus dilakukan perempuan selain yang utama yakni beriman dan bertakwa?

Berikut tips bagi perempuan:

Kenali dan Kembangkan Potensi Diri

Yang termasuk dalam potensi diri ini adalah intelegensi, sikap, dan kepribadian. Ada beberapa cara untuk menggali potensi/bakat, diantaranya dengan mulai membuka diri pada semua hal (berpikiran terbuka).

Mengenali bakat dari aktivitas sejak remaja,melakukan tes, diskusi dengan orang-orang terdekat, mencoba mengikuti/melakukan berbagai kegiatan dan keluar dari zona nyaman.

Dikutip dari rimma.co bahwa sebenarnya kunci untuk mengembangkan potensi diri ada 5, yaitu punya tokoh panutan, berteman dengan orang-orang sukses, menekuni hobi atau passion, banyak membacadan gemar melakukan kegiatan sosial.

Belajar Tanpa Henti 

Manusia terus menerus belajar selama hidupnya. Pembelajaran yang terus menerus ini sesuai dengan perintah dalam agama Islam : 

“Menuntut ilmu itu wajib bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan mulai dari lahir hingga ke liang lahat.”

Seperti yang telah kita ketahui bahwa wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah Q.S. Al Alaq ayat 1-5 yang isinya adalah perintah untuk membaca. Hal ini menunjukkan pentingnya Pendidikan merupakan hal mendasar bagi manusia.

Konsep ini juga dikemukakan oleh John Dewey, seorang filsup dari Amerika. Konsepnya disebut Long Life Education atau Pendidikan sepanjang hayat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: