Pegawai Pemkot Tasik Siap-siap Jalani Tes Urine! Ratusan Personel Satpol PP Jalani Tes Urine Mendadak

Pegawai Pemkot Tasik Siap-siap Jalani Tes Urine! Ratusan Personel Satpol PP Jalani Tes Urine Mendadak

Personel BNN Kota Tasikmalaya saat melakukan tes urine anggota Satpol PP, Senin 13 Februari 2023.- Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNN) Kota Tasikmalaya bakal melakukan tes urine mendadak. Sasarannya adalah seluruh pegawai Pemkot Tasik siap-siap jalani tes urine, dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Seperti Senin 12 Februari 2023, ratusan personel Satpol PP jalani tes urine mendadak. Pemeriksaan dilakukan di kantor Dinas Satpol PP di Kompleks Pemerintahan Bale Kota Tasikmalaya Jalan Letnan Harun.

Subag Umum BNN Kota Tasikmalaya, Ridwan Jumiarsa mengatakan, tes urine merupakan program rutin dilakukan setiap tahun dengan menyasar pegawai pemerintah maupun masyarakat.

"Ini dalam rangka deteksi dini tes urine sesuai dengan Inpres nomor 2 tahun 2020. Dimana seluruh kementerian dan lembaga termasuk pemerintah daerah harus melaksanakan P4GN," ujar Ridwan.

BACA JUGA:Gubernur Ridwan Kamil Perpanjang Kontrak Kerja Penyuluh dan POPT, Komitmen Jaga Ketahanan Pangan di Jabar

Selain melakukan tes urine di Dinas Satpol PP, pihaknya juga akan menyasar ke intasi pemerintah lain di wilayah Kota Tasikmalaya.

"Ya Rencana semua OPD akan melaksanakan deteksi dini tes urine. Nanti proses pengecekan cukup singkat bisa dideteksi dalam kurun waktu 5 menit," terangnya.

Ridwan menambahkan, untuk hasil tes urine ini akan dilaporkan ke Kasat Pol PP dan jika ditemukan yang positif akan dikembalikan ke dinas terkait.

"Ya Nanti hasilnya dilaporkan berjenjang kepada Kasatpol PP. Kalau ada hal-hal yang tidak diharapkan atau positif dikembalikan kepada kepala instansi," tambahnya.

BACA JUGA:Wagub Uu Ruzhanul Ulum Tengok Warga Garut yang Viral Dituduh Penculik di Muratara

Jelas dia, jumlah sample yang dicek ada 2 kategori. Yaitu 85 personel ASN Satpol PP dan 100 personel Satpol PP non ASN. "Hasilnya negatif semua," jelasnya.

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Tasikmalaya, Iwan Kurniawan menuturkan, tes urine ini dilaksanakan secara mendadak, khususnya bagi para personel Satpol PP Kota Tasikmalaya.

"Jadi ini secara langsung sebelumnya tak ada yang tahu bahwa dari jajaran BNN akan melaksanakan tes urine ini," tutur Mantan Kabag Hukum Pemkot Tasikmalaya ini.

Tukas Iwan, jika ditemukan anggotanya positif mengonsumsi narkoba, maka akan dilakukan tindakan tegas sesuai peraturan yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: