Tips Jadi Perempuan yang Merdeka dan Bahagia, Eti: Salah Satunya Belajar Tanpa Henti

Tips Jadi Perempuan yang Merdeka dan Bahagia, Eti: Salah Satunya Belajar Tanpa Henti

Eti Nurhayati, S.S.,M.Pd.-Foto:dokradaratasik.disway.id/doketinurhayati-

Menurut John Dewey, Pendidikan tidak hanya berlangsung selama seseorang belajar di Lembaga Pendidikan formal (sekolah), tetapi juga bisa diperoleh di luar Pendidikan formal (masyarakat atau pengalaman). 

Mampu Mengatur Waktu

Sejatinya, kita semua mempunyai jatah waktu yang sama, 24 jam sehari semalam. Hanya cara menghargai waktu itu yang berbeda.

Sebagian orang benar-benar menggunakan waktu dengan baik, sehingga setiap detiknya, setiap menitnya dimanfaatkan sedemikian rupa. Hebat, kan?

Di sisi lain, banyak orang yang menyia-nyiakan waktunya, mereka menggunakan sebagian besar waktunya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat atau untuk bersantai ria dan bersenang-senang saja.

Dalam sebuah keterangan “Waktu ibarat pedang”. Kita harus menggunakannya dengan sebaik mungkin, sebijaksana mungkin.Bila tidak,maka pedang yang tajam itu akan melukai kita.

Waktu begitu cepat berlalu. Seiring berlalunya waktu, umur kita pun makin hari makin berkurang. Nah…Bila kita merencanakan berbuat baik, segeralah melaksanakannya, jangan menunda-nunda, karena kita tidak tahu apakah kesempatan hidup dan melaksanakan kebaikan itu masih ada atau tidak.

Bagi seorang perempuan, mengatur waktu merupakan hal yang sangat serius karena menyangkut keberlangsungan dan keharmonisan dengan keluarga. Itulah sebabnya ada waktu untuk dirinya sendiri, keluarga, dan untuk pekerjaannya (kariernya).

Agar waktu yang akan datang menjadi lebih bermakna, maka kita harus pandai mengatur waktu. Lakukan dahulu hal-hal baik yang menjadi prioritas, lalu rencanakan hal-hal yang selanjutnya. Rencanakan sebaik mungkin, semoga kita bisa melaksanakan rencana- rencana baik itu sesuai target waktu, serta meraih hasil sesuai yang diharapkan.

Untuk menjadi bahan acuan kita sebagai muslim, renungkanlah dengan baik isi AlQur’an surat Al-Asyr, ayat1-3:

Dengan menyebut nama Allah SWT, yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,

1. Demi Masa

2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian

3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menepati kesabaran.

Bergabung dengan Komunitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: