Fakta Opta: Vinicius Dan Courtois Pahlawan Madrid Saat kalahkan Liverpool

Fakta Opta: Vinicius Dan Courtois Pahlawan Madrid Saat kalahkan Liverpool

Radartasik, Vinicius Junior dan Thibaut Courtois menjadi pahlawan Real Madrid saat mengalahkan Liverpool 1-0 di final Liga Champions di Paris da mengamankan mahkota Eropa ke-14 untuk Los Blancos.

Gol kemenangan Vinicius di babak kedua terbukti menentukan ketika Liverpool gagal menemukan cara untuk melewati Courtois yang luar biasa meskipun terus menekan, Madrid mengulangi kemenangan terakhir 2018 mereka atas The Reds.

Sementara tim Jurgen Klopp kini telah kehilangan trofi Liga Premier dan Liga Champions setelah memimpin pertarungan empat gelar yang luar biasa untuk mendapatkan trofi musim ini, Carlo Ancelotti telah membawa Madrid meraih gelar ganda LaLiga dan Liga Champions yang luar biasa dan mencapai tonggak sejarah pribadi di sepanjang musim.

Berikut fakta Opta pemain terbaik dari final Liga Champions.

Setelah kick-off dua kali tertunda di Stade de France, Liverpool memulai pertandingan dengan cepat tetapi menemukan Courtois dalam performa terbaik karena mereka akhirnya kalah di final Liga Champions ketiga mereka,.

Hanya Juventus (lima kalah) yang kalah lebih banyak, sementara Jurgen Klopp telah kehilangan lebih banyak final dalam kompetisi daripada manajer lainnya (tiga kalah).

BACA JUGA:Ancelotti Catat Sejarah Raih 4 Trofi Liga Champions Sebagi Pelatih

BACA JUGA:Bungkam Kritik, Thibaut Courtois Raih Man Of The Match Lawan Liverpool

Liverpool memiliki lebih banyak tembakan tepat sasaran di babak pertama (5 tembakan) seperti yang mereka lakukan dalam dua penampilan final Liga Champions sebelumnya (2 pada 2018 dan 3 pada 2019).

The Reds mengakhiri pertandingan dengan membuat 24 tembakan, rekor terbanyak (sejak 2003-04) dari tim yang gagal mencetak gol di final Liga Champions.

Sementara itu, sembilan penyelamatan Courtois dalam pertandingan tersebut merupakan jumlah tertinggi dalam satu final Liga Champions (sejak 2003-04), melampaui Allison dari Liverpool (pada 2019) dan Edwin Van der Sar dari Manchester United (pada 2011), keduanya dengan delapan penyelamatan.

Courtois juga membuat 59 penyelamatan sepanjang perjalanan Madrid di kompetisi musim ini, membuat rekor satu musim baru setelah Petr Cech membuat 58 untuk Chelsea dalam musim 2011-12 yang penuh kemenangan (sejak 2003-04).

Tapi Vinicius yang membuktikan dirinya sebagai pemenang pertandingan, lolos dari perhatian Trent Alexander-Arnold untuk memanfaatkan umpan silang Federico Valverde pada menit ke-59.

Gol Vinicius menjadikannya orang Amerika Selatan pertama yang mencatatkan 10 keterlibatan gol dalam satu musim Liga Champions (empat gol, enam assist) saat berusia 21 tahun ke bawah sejak Lionel Messi mencatatkan 14 gol untuk Barcelona pada 2008-09 (9 gol, 5 assist) .

Dengan usia 21 tahun dan 320 hari, pemain Brasil itu menjadi pemain termuda kedua yang mencetak gol untuk Los Blancos di final Piala Eropa atau Liga Champions, setelah Marco Asensio melawan Juventus pada 2017 (21 tahun, 133 hari), dan yang pertama dari Brasil yang mencetak gol kemenangan di final kompetisi sejak Juliano Belletti untuk Barcelona pada tahun 2006, di Paris (melawan Arsenal).

Kemenangan Madrid membuat mereka memenangkan Piala Eropa atau Liga Champions dua kali lebih banyak (14) sebagai klub tersukses berikutnya dalam sejarah kompetisi (Milan 7 kali).

Dikutip dari Livescore, Los Blancos juga menang di  delapan penampilan terakhir terakhir mereka dan mengalahkan Liverpool dalam dua pertandingan final.

Akhirnya, Ancelotti menjadi pelatih paling sukses dalam sejarah kompetisi dengan gelar keempatnya (2002-03 dan 2006-07 dengan Milan dan 2013-14 dengan Madrid), saat ia mengungguli Zinedine Zidane dan legenda Liverpool Bob Paisley (tiga gelar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: livescore