Apa Itu Bledug Kramesan? Gunung Lumpur di Grobogan Setinggi 25 Meter

Apa Itu Bledug Kramesan? Gunung Lumpur di Grobogan Setinggi 25 Meter

Fenomena Bledug Kramesan di Dusun Medang Desa Sendangrejo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah.-Kementerian ESDM-

Menurut dia, Bledug Kramesan dan Bledug Kuwu pada umur Paleogen termasuk dalam Pati Through yang memungkinkan diendapkannya sedimen secara cepat dan tebal.

Secara fisiografi termasuk pada antiklinorium Zona Rembang yang terdiri dari pegunungan lipatan berbentuk antiklinorium yang memanjang ke arah Barat - Timur, dari Kota Purwodadi melalui Blora, Jatirogo, Tuban sampai Pulau Madura.

BACA JUGA: Masa Jabatannya Sebagai Bupati Pangandaran Segera Habis, Jeje Belum Tahu Mau Kemana

”Batuan yang diendapkan pada zona ini setelah mengalami burial dan kompresi akan membentuk mud diapir yang terdiri atas material halus unconsolidated. Dimana material halus tersebut dapat lolos ke permukaan melalui rekahan-rekahan dan struktur geologi yang ada,” ujar Wafid di Bandung, Senin 25 Maret 2024.

Mud diapir terbentuk karena beberapa faktor-faktor antara lain amblesan, kecepatan pengendapan, lapisan plastis, overpressure dan under-compacted, potensi hidrokarbon, produksi air diagenetic, tektonik kompresi dan gradient panas bumi.

Secara struktur geologi, tambah dia, bledug terletak pada area yang tidak padat patahan dan kelurusan karena bersifat plastis.

Pada daerah mud diapir tidak terindikasi kelurusan patahan namun terdapat struktur geologi berupa antiklin dengan sumbu relatif Barat Daya - Timur Laut.

BACA JUGA: Membanggakan, Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Salawu Tasikmalaya Bangun Rumah Tidak Layak Huni

Badan Geologi meminta masyarakat di sekitar area Bledug Kramesan dan Bledug Kuwu tidak panik serta tidak mempercayai berita-berita yang tidak bertanggung jawab dan tidak jelas dasar keilmuannya, sehingga dapat memberikan penafsiran yang beraneka macam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kementerian esdm