Gempa Sumedang Terkini: Diduga Sesar Aktif Cileunyi - Tanjungsari Jadi Penyebabnya

Gempa Sumedang Terkini: Diduga Sesar Aktif Cileunyi - Tanjungsari Jadi Penyebabnya

Badan Geologi Kementerian ESDM menduga sesar aktif Cileunyi - Tanjungsari jadi penyebab gempa Sumedang yang terjadi pada malam Tahun Baru 2024.-Badan Geologi-

Gempa Sumedang Terkini: Diduga Sesar Aktif Cileunyi - Tanjungsari Jadi Penyebabnya

RADARTASIK.COMBadan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merilis hasil analisis gempa Sumedang yang terjadi malam Tahun Baru 2024.

Dalam menganalisis gempa Sumedang yang terjadi Minggu tanggal 31 Desember 2023, Badan Geologi mengacu pada informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Disebutkan berdasarkan informasi dari BMKG bahwa gempa terjadi pukul 20:34:24 WIB. Lokasi pusat gempa bumi terletak di darat pada koordinat 107,94 BT dan 6,85 LS, berjarak sekitar 1,5 km timur Kota Sumedang Provinsi Jawa Barat dengan magnitudo 4,8 SR pada kedalaman 5 km.

BACA JUGA: INNALILLAHI! Sumedang Diguncang Gempa Darat 3 Kali Sehari, Warga Berhamburan, Kerusakan Belum Terhitung

BACA JUGA: Gempa 4.8 SR Guncang Sumedang, Warga Panik, Pasien Rumah Sakit Berhamburan Keluar

Pada hari yang sama, Stasiun BMKG mencatat kejadian gempa bumi pada pukul 14:35:34 WIB dengan magnitudo 4,1 SR. Dan, pukul 15:38:10 WIB gempa bumi dengan magnitudo 3,4 SR.

Sedangkan Stasiun United States Geological Survey alias USGS Amerika Serikat dan Stasiun Geo Forschungs Zentrum alias GFZ Jerman tidak mencatat kejadian gempa Sumedang yang terjadi malam Tahun Baru 2024.

Dari data tersebut, Badan Geologi memperkirakan kejadian gempa Sumedang akibat aktivitas sesar Cileunyi - Tanjungsari. Menurut data Badan Geologi, sesar Cileunyi - Tanjungsari merupakan sesar mendatar mengiri.

Sebaran sesar aktif Cileunyi - Tanjungsari mulai dari selatan Desa Tanjungsari menerus ke timur laut hingga lembah Sungai Cipeles. Nilai laju geser sesar aktif Cileunyi - Tanjungsari berkisar antara 0,19 - 0,48 mm per tahun.

BACA JUGA: Kabupaten Pangandaran Diguncang Gempa 5.0 Magnitudo dengan Kedalaman 10 Kilometer

BACA JUGA: Gempa Sumedang Terkini: Gerak Cepat Yonif 301 PKS Dirikan Tenda Darurat Dekat Rumah Sakit

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu menjelaskan gempa Sumedang berasal dari sesar-sesar aktif lokal di wilayah tersebut. Namun, ia belum menyampaikan secara detail dari sesar apa gempa tersebut berasal.

”Kami memprediksi bahwa ini adalah aktivitas dari sesar-sesar lokal yang ada di wilayah Sumedang tapi kami belum bisa menyampaikan bahwa ini dari sesar apa namun yang jelas dari sesar-sesar aktif yang berada di sekitar Sumedang,” ujar dia seperti dikutip dari laman Jabarprovgoid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: