Hajat Bumi Pulo Majeti Mendapat Apresiasi dari Kapolres Banjar dan Dandim Ciamis

Hajat Bumi Pulo Majeti Mendapat Apresiasi dari Kapolres Banjar dan Dandim Ciamis

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfian Arisyandi, Sekda Kota Banjar H Soni Harison dan pegiat budaya menikmati nasi tumpang Hajat Bumi di Pendopo Kota Banjar, Senin 24 Juli 2023.-Anto Sugiarto/Radartasik.com-

BACA JUGA: Momen Haru Para Pelajar SDN 3 Gunung Lipung Tasikmalaya di Hari Anak Nasional, Basuh Kedua Kaki Orang Tua

"Kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan dari sekarang kapan lagi, melestarikan budaya sendiri," tegas dia.

Diberitakan sebelumnya, Memperingati Tahun Baru Islam, masyarakat adat Kampung Pulo Majeti Kelurahan Purwaharja Kota Banjar menggelar Hajat Bumi atau dikenal dengan istilah Ngabumi ke V. 

Hajat Bumi digelar setiap tahunnya oleh masyarakat setempat secara gotong royong dengan tujuan untuk melestarikan adat istiadat dan nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh para pendahulu.

Kawargi Adat Pulo Majeti Emed Setiawan mengatakan Hajat Bumi merupakan bentuk syukur atas hasil panen selama satu tahun dan berkomitmen untuk menjaga kelestarian sumber daya alam dan silaturahmi.

BACA JUGA: Poltekkes Kemenkes Lakukan Edukasi DBD ke Sekolah Dasar, Ajak Warga Sekolah Makin Peduli Kesehatan

"Hajat Bumi mengajak semua orang untuk membangun kehidupan sosial yang baik, melalui sikap saling menghormati dan membantu. Khususnya menjaga persatuan dan persaudaraan antar sesama manusia," ucapnya Senin 24 Juli 2023. 

Sambung dia, Hajat Bumi diselenggarakan selama 3 hari 3 malam mulai Ahad sampai Selasa 23 – 25 Juli 2023 dipusatkan di sekitar situs Pulo Majeti Kecamatan Purwaharja Kota Banjar. 

Berbagai kegiatan diadakan seperti nyangkreub, mipit, seba, kirab, tari pohaci, pencak silat, debus, ronggeng, istighosah, sawala budaya, puisi dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: