Hajat Bumi Pulo Majeti Mendapat Apresiasi dari Kapolres Banjar dan Dandim Ciamis

Hajat Bumi Pulo Majeti Mendapat Apresiasi dari Kapolres Banjar dan Dandim Ciamis

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfian Arisyandi, Sekda Kota Banjar H Soni Harison dan pegiat budaya menikmati nasi tumpang Hajat Bumi di Pendopo Kota Banjar, Senin 24 Juli 2023.-Anto Sugiarto/Radartasik.com-

Hajat Bumi Pulo Majeti Mendapat Apresiasi dari Kapolres Banjar dan Dandim Ciamis

BANJAR, RADARTASIK.COM – Hajat Bumi yang digelar masyarakat adat Kampung Pulo Majeti Kecamatan Purwaharja Kota Banjar mendapat apresiasi dari Kapolres Banjar dan Dandim 0613 Ciamis.

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo SH SIK MM mengatakan Hajat Bumi merupakan aset wisata di Kota Banjar. Terlebih, pelaksanaannya melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Dia yakin Hajat Bumi memberikan dampak terhadap peningkatan perekonomian pelaku UMKM di Kota Banjar yang saat ini masih terpuruk akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Arkeolog Menemukan Kota Kuno Machu Picchu, Hari ini di Masa Lalu

"Saat penampilan seni kebudayaan ditonton oleh anak-anak (pelajar, Red) sehingga bisa mengenalkan ke mereka tentang budaya yang ada di kita," ujarnya, Senin 24 Juli 2023.

Dengan harapan, Hajat Bumi yang diadakan oleh masyarakat Kampung Pulo Majeti ke depannya ditunggu-tunggu oleh warga lainnya.

”Hajat Bumi ini bukan hanya hajatan masyarakat Pulo Majeti saja tapi masyarakat Kota Banjar," tegasnya.

Sambung Kapolres, Hajat Bumi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Pulo Majeti dan melestarikan budaya tradisional yang ada di Kota Banjar.

BACA JUGA: Kenapa Persebaya Kehilangan 7 Poin? Jajaran Pelatih Dipanggil untuk Evaluasi Sebelum Tandang ke Jakarta

Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfian Arisyandi SIP MIPol mengaku miris terhadap anak muda saat ini tidak mengenal budayanya sendiri. 

"Budaya di kita mulai luntur, kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia," jelasnya.

Dia meminta para penggiat budaya agar mengajak generasi muda lebih mencintai budayanya sendiri. Kalau bukan dari sekarang kapan lagi dilestarikan.

Karena generasi muda sekarang lebih mengenal dengan budaya dari luar dibandingkan budayanya sendiri sehingga perlu dikenalkan terus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: