Ayo Kurangi Sampah dari Sumbernya, Kelola Pilah Pilih Dimulai dari Rumah

Ayo Kurangi Sampah dari Sumbernya, Kelola Pilah Pilih Dimulai dari Rumah

Pengelola Bank Sampah Cikalang Mandiri berfoto dengan para juri dari Dinas Lingkungan Hidup, Camat, Lurah, Bhabinkamtibmas Kecamatan Tawang.-Foto: tina/radartasik.disway.id-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya terus melakukan upaya untuk dapat mengurangi sampah langsung dari sumbernya.

Salah satunya adalah melalui program Bank Sampah yang sudah dilaksanakan di Kota Tasikmalaya.

Ayo kurangi sampah dari sumbernya, kelola pilah pilih dimulai dari rumah.

BACA JUGA:Wow Holding Perusahaan Bus dari Tasik Ini Ternyata Punya 16 Anak Perusahaan, Karyawanya Ada Ribuan

Sedikitnya ada 22 bank sampah aktif yang saat ini mengikuti penilaian Lomba Bank Sampah Tingkat Kota Tasikmalaya tahun 2023. Mulai Selasa 2 Mei 2023, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya mulai melakukan penilaian ke seluruh bank sampah yang menjadi peserta lomba.

Dewi Nusarini, Ketua Tim Penilai Lomba Bank Sampah Tahun 2023 menjelaskan, esensi dari kegiatan bukan ke arah perlombaannya namun lebih kepada memberikan apresiasi dan motivasi untuk para pengelola bank sampah, juga kepada masyarakat sekitar bank sampah.

Melalui program bank sampah ini, kata Dewi, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya berupaya mengurangi volume atau jumlah sampah yang dibuang ke TPS dan TPA.

BACA JUGA:ASYIKNYA! Diskon Tarif Tol Cibitung – Cilincing Diperpanjang demi Kelancaran Arus Barang Pasca Lebaran 2023

“Target pengurangan sampah dari sumber sampah yaitu dari rumah-rumah dan penghasil sampah lainnya sebanyak 3 persen di tahun 2025. Saat ini kita baru mencapai 16 persen, sehingga target yang haus dicapai masih cukup tinggi,” ungkap Dewi saat ditemui di lokasi bank sampah Kembang Hurip Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya.

Selain pengurangan sampah, target lainnya adalah penanganan sampah yang harus mencapai angka 70 persen di tahun 2025.

“Kalau pengurangan smpah dapat tercapai maka pengaruhnya sangat besar untuk pengangkutan sampah ke TPS dan TPA, sehingga melalui penilaian bank sampah ini, kita juga ingin melihat seberapa besar partisipasi masyarakat dalam meramaikan dan memanfaatkan bank sampah yang ad di lingkungan sekitarnya,” jelasnya lagi.

BACA JUGA:Peringatan Hardiknas di Kota Tasik Diwarnai Aksi Demo Ikatan Pelajar NU

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: