Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Singaparna Dua Jenis Sayuran Ini Naik 100 Persen

Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Singaparna Dua Jenis Sayuran Ini Naik 100 Persen

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto bersama Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Hariyanto, Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukamadjidibrata SIP monitoring harga pokok di Pasar Singaparna, Rabu 19 April 2023. -ujang nandar-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto bersama Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Hariyanto, Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukamadjidibrata SIP monitoring harga kebutuhan pokok di Pasar Singaparna, Rabu 19 April 2023. 

Hasil peninjauan tersebut harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Dua jenis sayuran ini naik 100 persen di pasar Singaparna. Meski demikian, ketersediaan kebutuhan pokok dipastikan aman selama Lebaran.

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengutarakan, hasil monitoring harga, ditemukan harga kebutuhan pokok jenis sayuran naik. Bahkan kenaikan itu cukup signifikan yakni naik 100 persen. 

"Yang mengalami kenaikan signifikan itu yakni cabai merah, cabai keriting dan bawang merah. Bahkan naiknya ada yang sampai 100 persen," katanya kepada wartawan di sela-sela monitoring di Pasar Singaparna, Rabu 19 April 2023.

BACA JUGA:Wagub Jabar Geram! Masih Mendapati Kendaraan Bertonase Besar Melintasi Perbatasan Jabar-Jateng

Sementara pada kebutuhan lain juga mengalami kenaikan, tatapi masih dalam toleransi. Artinya kenaikan harga jenis sayuran ini dan daging masih dianggap wajar saat jelang Lebaran ini. 

"Seperti harga ayam potong, biasanya dijual Rp 40 ribu kini dijual Rp 45 ribu, begitu kira-kira," kata Ade.

Di tingkat pengecer, beberapa harga bahan pokok baik jenis sayuran atau daging ada kenaikan dengan selisih harga berbeda-beda. Tetapi kenaikannya masih dianggap wajar.

"Harganya memang tidak merata, naiknya berbeda-beda. Tetapi untuk pasokan lancar," ujar dia memastikan.

BACA JUGA:5 Tradisi Unik Lebaran Hanya Ada di Indonesia, dari Mulai Bakar Gunung sampai Meriam Karbit

Fenomena kenaikan harga jelang Lebaran, menurut Bupati, bukan karena kelangkaan atau tidak lancar pendistribusian. Kenaikan harga ini hanya menjelang Lebaran. 

"Tadi menurut para pedagang karena memang harga dari sananya naik, untuk pasokan aman dan normal," sebut dia lagi.

Bupati merasa lega karena stok dan alur distribusi bahan pokok aman dan lancar. Kondisi stok tidak kekurangan bahkan pasokan aman," kata Ade.

Sementara, Rohimah (34) menjelaskan saat ini harga cabai merah dijual Rp 80 ribu per satu kilogram. "Iya Pak, naik semua harganya. Seperti bawang merah, cabai-cabaian," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: