SDN Bantargedang Kota Tasik Rangkul Orang Tua, Ajak Terapkan Pola Pengasuhan Masa Lalu

SDN Bantargedang Kota Tasik Rangkul Orang Tua, Ajak Terapkan Pola Pengasuhan Masa Lalu

Alik Nurdin dari Yayasan Keluarga Kita saat menyampaikan materi di acara parenting orang tua SDN Bantargedang Kota Tasikmalaya, Sabtu 11 Maret 2023.-Foto:istimewa-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - SDN Bantargedang Kota Tasikmalaya bersama dengan Yayasan Keluarga Kita, melaksanakan kegiatan parenting tentang pola pengasuhan masa lalu terhadap anak, Sabru 11 Maret 2023.

Pemateri dari Yayasan Keluarga Kita, Alik Nurdin, menyampaikan keberhasilan suatu bangsa dapat dilihat dari kualitas pendidikannya. Baik itu pendidikan formal maupun pendidikan non formal. 

"Membangun pendidikan berkualitas bukan hanya tugas sekolah, namun juga menjadi tanggung jawab keluarga. Sinergitas antara sekolah dan keluarga sangat penting dilakukan agar adanya keselaran nilai-nilai yang diajarkan," ungkapnya.

Sesi parenting yang dikemas dengan format nonton bareng film seri drama komedi ini mengajak para orang tua untuk menyadari bahwa pola pengasuhan yang dilakukan oleh generasi terdahulu dapat diwariskan kepada anak cucu sebagai penerus generasi.

BACA JUGA:Aktivis ProDem Priangan Timur Pra Kongres Dorong Muhaimin Iskandar Jadi Calon Presiden

Namun demikian pola pengasuhan masa lalu tersebut dapat berupa pola yang positif dan pola yang negatif. 

Antusiasme dan respon positif terlihat dari para orang tua yang hadir. Orang tua diajak untuk merefleksikan pola pengasuhan positif apa yang ingin dilanjutkan dan pola pengasuhan apa yang ingin diubah atau ditinggalkan dari praktik-praktik mendidik anak di masa lalu yang pernah diterima para orang tua di zaman dahulu.

Dari sesi parenting ini, kata Alik Nurdin, pengasuhan merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya tugas seorang ibu saja namun juga tugas seorang ayah dan semua elemen masyarakat.

Diharapkan dengan adanya sesi parenting ini, para orang tua dan pihak sekolah dapat bersinergi dalam mempraktikkan pola pengasuhan yang lebih baik.

BACA JUGA:Angkasa Expo 2023 Lanud Wiriadinata di Mayasari Plaza Diserbu Anak-anak PAUD

Kepala SDN Bantargedang, Rani Juanita, S.Pd., M.Pd., menyampaikan pendidikan anak tidak dapat dipisahkan dari pola pengasuhan orang tua dan lingkungan.

Pengasuhan yang baik dapat menjadi modal yang berharga bagi seorang anak untuk memiliki karakter yang baik dalam mengarungi kehidupan dan masa drpannya kelak. Hal tersebut dapat dimulai dengan semua pihak termasuk orang tua murid memahami proses pengasuhan yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: