HARAP TENANG, Jika Barang Tertinggal di KA dan Stasiun, Apa yang Harus Dilakukan Penumpang

HARAP TENANG, Jika Barang Tertinggal di KA dan Stasiun, Apa yang Harus Dilakukan Penumpang

Jika barang tertinggal di KA dan stasiun, ini yang harus dilakukan oleh penumpang.- -Foto: PT KAI--

BACA JUGA: Sehari Lagi, Lowongan Kerja PT KAI Bagi Lulusan SLTA Hingga S1 Ditutup

Jika ditemukan, maka untuk proses penyerahan pelanggan wajib menunjukkan kartu identitas untuk verifikasi kepemilikan barang.

Dalam hal penemuan barang di dalam kereta api ataupun di lingkungan stasiun, KAI akan langsung memberikan pengumuman atas penemuan barang tersebut melalui pengeras suara.

Jika tidak ada pihak yang mengambil maka barang akan disimpan di pos pengamanan stasiun dan akan dimasukkan pada pendataan sistem lost and found yang dimiliki oleh KAI.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam melacak barang hilang sesuai dengan ciri maupun spesifikasi barang yang telah dilaporkan oleh pelanggan maupun calon pelanggan KA.

BACA JUGA: Tol Terpanjang di Indonesia Akan Ada di Selatan Pulau Jawa, Simak Peta Jalurnya

Data pada sistem tersebut dapat diakses oleh seluruh wilayah kerja KAI, sehingga pelapor yang merasa kehilangan barang dapat melaporkan barang tersebut di seluruh stasiun.

”Seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab pelanggan. Namun untuk memberikan layanan maksimal petugas keamanan akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta api atau stasiun,” ucap Joni.

Joni mengimbau kepada pelanggan kereta api untuk selalu menjaga dan memperhatikan barang bawaan ketika melakukan perjalanan, baik di lingkungan stasiun maupun selama dalam perjalanan KA.

Sebagai antisipasi pelanggan sebaiknya tidak membawa barang bawaan yang berlebih. Jika memang perlu membawa barang dalam jumlah banyak, pelanggan dapat memanfaatkan jasa cargo atau pengiriman paket.

BACA JUGA: Ini Alasan Bupati Tasikmalaya Keukeuh Ada 3 Exit Tol Getaci di Kabupaten Tasikmalaya

Jika barang tertinggal di KA dan stasiun, apa yang harus dilakukan? Berikut tips saat tertinggal barang di stasiun atau di atas KA:

1. Tetap tenang. Jangan panik. Cobalah mengingat lokasi terakhir kali barangnya terlihat.

2. Buat laporan pada petugas customer service on station, petugas keamanan atau kunjungi bagian lost and found.

3. Pelanggan juga bisa menghubungi contact center 121 melalui telepon 121, WA (0811-1211-1121) atau direct message (DM) Twitter/Facebook KAI121.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: