HARAP TENANG, Jika Barang Tertinggal di KA dan Stasiun, Apa yang Harus Dilakukan Penumpang

HARAP TENANG, Jika Barang Tertinggal di KA dan Stasiun, Apa yang Harus Dilakukan Penumpang

Jika barang tertinggal di KA dan stasiun, ini yang harus dilakukan oleh penumpang.- -Foto: PT KAI--

JAKARTA, RADARTASIK.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah pelanggan Kereta Api terus mengalami peningkatan.

Hal itu terjadi seiring dengan semakin membaiknya penanganan wabah Covid-19 dan dibukanya berbagai pembatasan mobilitas oleh pemerintah.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan peningkatan volume angkutan kereta api berdampak pada meningkatnya jumlah data barang tertinggal di stasiun maupun di dalam kereta.

Tercatat, sebanyak 4.984 barang tertinggal berhasil diamankan petugas dan telah dimasukkan pada database sistem lost and found selama periode Januari-Desember 2022. Dari jumlah tersebut, di antaranya 4.546 sudah kembali ke pemilik.

BACA JUGA: KEREN! Jembatan Terpanjang di Tasik Jadi Destinasi Baru Bagi Warga

Barang tertinggal yang ditemukan tidak jarang merupakan jenis barang berharga seperti laptop, perhiasan, telepon seluler, tas, dompet hingga Paspor WNA.

Jika barang tertinggal di KA dan stasiun, apa yang harus dilakukan? Simak artikel ini sampai tuntas!


Jika barang tertinggal di stasiun atau di dalam kereta api, ini yang harus dilakukan oleh penumpang.- -Foto: PT KAI--

Joni menjelaskan pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas.

Yaitu, kondektur yang sedang berdinas di atas kereta api ataupun petugas pengamanan di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

BACA JUGA: LEBIH KEREN, Rencana Awal Jembatan Terpanjang di Kota Tasik Mirip Jembatan Pasupati Bandung

”Petugas pengamanan stasiun selalu melakukan pemeriksaan secara berkala di area-area ruang tunggu dan di atas KA, terlebih pada saat kereta api tiba di stasiun tujuan akhir,” katanya dalam siaran persnya, Selasa 14 Februari 2023.

”Petugas akan melakukan pengecekan di setiap rangkaian untuk memastikan tidak ada barang bawaan penumpang yang tertinggal,” ucap Joni.

Apabila ada laporan dari pelanggan mengenai barang bawaan tertinggal, petugas KAI akan melakukan koordinasi dan pencarian.

Jika dapat ditemukan saat itu juga langsung diserahkan kembali kepada pelapor. Jika barang belum bisa ditemukan akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor terkait perkembangan penanganan barang tertinggal yang dilaporkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: